tag
Sepakbola
Uruguay 2-2 (2-3) Italia

Azzurri Menang Penalti

Senin, 01 Juli 2013 02:10 WIB
Italia kalahkan Uruguay, raih peringkat 3 Piala Konfederasi 2013.
  • Azzurri Menang Penalti

    Gianluigi Buffon jadi kapten pahlawan kemenangan Italia atas Uruguay.

  • Azzurri Menang Penalti

    Gianluigi Buffon jadi kapten pahlawan kemenangan Italia atas Uruguay.

  • Azzurri Menang Penalti
  • Azzurri Menang Penalti
Perebutan peringkat 3 Piala Konfederasi 2013 berlangsung seru, Senin (01/07/13) dini hari WIB. Sesudah imbang 2-2 pada masa normal, Italia mengalahkan Uruguay 3-2 dengan adu penalti.

Uruguay mengerahkan tim utama untuk melawan Italia yang kehilangan beberapa pemain inti karena cedera. Diego Forlán, Luís Suárez dan Edinson Cavani membentuk trisula serang di lini depan.

Tapi gol pertama datang dari Italia pada menit 24. Davide Astori tinggal menyambung gerakan bola yang sudah mengarah ke gawang kiper Uruguay, Fernando Muslera, yang melakukan aksi bunuh diri.

Berasal dari tendangan lambung silang, bola melewati jangkauan Muslera dan membentur gawang. Memantul mengenai badan kiper, si kulit bulat kemudian membelok ke arah sarang Uruguay.

Skor 1-0 mengejutkan Uruguay. Peringkat 4 Piala Dunia 2010 bertekad mengembalikan kepercayaan diri dengan menekan pasukan Italia yang bermateri mayoritas pemain muda dan minim pengalaman.

Menit 58, Cavani berpadu dengan Walter Gargano untuk menyamakan skor. Dua pemain asal Napoli dan Internazionale Milano sudah hafal bagaimana menaklukkan kiper Juventus, Gianluigi Buffon.

Namun pelanggaran di luar petak penalti Uruguay memberi Italia peluang untuk memimpin lagi. Tanpa Andrea Pirlo yang cedera di bangku cadangan, Alessandro Diamanti mengeksekusi free-kick.

Tendangan bebas ke arah kiri gawang Muslera merupakan gol perdana Diamanti untuk tim nasional Italia dari permainan waktu normal. Wajar bila gelandang serang asal Bologna merayakan sukacita.

Perubahan terjadi dengan cepat. Hanya lima menit kemudian, Uruguay mendapat cara sama untuk membalas. Cavani menghantamkan tendangan bebas deras ke gawang Buffon yang tak berdaya.

Kedudukan 2-2 bertahan walau dua tim sudah bertarung hingga dua kali babak tambahan. Uruguay tetap tak bisa menekan Italia yang kehilangan Riccardo Montolivo yang kena dua kartu kuning.

Ketakberuntungan Uruguay berlanjut pada babak adu penalti. Forlán yang menjadi penendang pertama memberi bola mudah kepada Buffon. Begitu pun kemudian Martín Cáceres dan Gargano.

Kegagalan Gargano memastikan Italia merebut peringkat 3. Tak perlu melakukan tendangan kelima, Azzurri unggul 3-2 berkat penalti Alberto Aquilani, Stephan El Shaarawy dan Emanuele Giaccherini.

Kecemerlangan kapten Buffon menahan tiga tendangan pun menutupi kegagalan eksekusi Mattia De Sciglio. Italia sekaligus menebus kesialan saat kalah adu penalti dengan Spanyol pada semifinal. 


Editor : Rawan Kurniawan

  • comment
Komentar