tag
Sepakbola
Sepatu Emas Piala Konfederasi

Neymar Pemain Terbaik

Senin, 01 Juli 2013 09:52 WIB
Neymar jadi juara dan Pemain Terbaik Piala Konfederasi 2013.
  • Neymar Pemain Terbaik

    Neymar da Silva Santos Júnior hat-trick di Piala Konfederasi 2013.

Piala Konfederasi 2013 menjadi pengesahan Neymar Júnior sebagai bintang baru Brasil. Neymar mempersembahkan gelar juara, sebagai pemain terbaik dan pencetak gol ketiga terbanyak.

Neymar da Silva Santos Júnior membuktikan kualitasnya. Pindah ke Barcelona dari Santos dengan biaya transfer sebesar 57 juta euro atau sekitar 736 miliar rupiah, Neymar Jr terus menjadi sorotan.

Di Piala Konfederasi 2013, Neymar berperan besar untuk sukses tuan rumah Brasil menjadi juara. Menyandingi tim nasionalnya mencetak hat-trick beruntun, dia juga merebut tiga trofi berlainan.

Tambahan 1 ke gawang Spanyol di final, Neymar mengumpulkan 4 gol sepanjang turnamen. Dia menempati urutan kedua daftar pembuat gol terbanyak dan berhak mendapat Sepatu Perunggu.

Jumlah golnya kalah banyak dari rekan di lini depan Brasil, Fred, yang berhak meraih Sepatu Perak. Tempat teratas ialah Fernando Torres yang juga membuat 5 gol dari menit bermain lebih sedikit.

Torres, mencetak lima gol dan sebuat asistensi dari empat pertandingan. Fred pun memberi satu assist tapi bermain satu pertandingan lebih banyak hingga FIFA memutuskan gelar untuk Spanyol.

Pemilihan Torres seolah menjadi pelipur bagi Spanyol. Selain kalah di final, La Roja memperoleh trofi sebagai tim Fair Play meski Gerard Piqué menjadi pemain tunggal yang kena kartu merah di Brasil.  

Spanyol juga tidak meraih penghargaan untuk kategori Kiper Terbaik. Dua kapten, Iker Casillas dan Gianluigi Buffon (Italia) kalah oleh penjaga gawang Brasil, Júlio César, mantan pemain Internazionale.

Brasil bahkan menguasai daftar Pemain Terbaik. Andrés Iniesta hanya mendapat Bola Perak karena berada di antara dua awak Brasil, Paulinho dan Neymar yang merebut Bola Perunggu dan Bola Emas.

“Tetap tenang, tetap injakkan kaki di bumi,” kata Neymar tentang peluang Brasil juga menjadi juara Piala Dunia 2014 di negeri sendiri. “Kami sudah main bagus dan ingin tetap di jalur yang benar.”

“Kami butuh waktu untuk berlatih, mengenal dan bekerja satu sama lain serta menjadi lebih baik daripada dulu. Kami meraih juara dan itu menjadi akhir hebat di turnamen besar,” tambah Neymar. 


Editor : Rawan Kurniawan

  • comment
Komentar