tag
Sepakbola
Piala Konfederasi Brasil 2013

Untuk Nelson Mandela

Senin, 01 Juli 2013 16:56 WIB
Nelson Mandela dapat kehormatan FIFA dan dunia sepakbola.
  • Untuk Nelson Mandela

    Sepp Blatter dan 3 koleganya tunjukkan 2 kostum untuk Nelson Mandela.

Publik sepakbola dunia memberikan penghormatan kepada Nelson Mandela, Minggu (30/06/13) atau Senin (01/07/13) WIB, sebelum final Piala Konfederasi 2013 antara Brasil kontra Spanyol.

FIFA, Brasil, Spanyol, publik Stadion Maracanã, dan dunia sepak bola mempersembahkan penghormatan untuk Nelson Mandela. Respek dunia merefleksikan persahabatan dan sportivitas.

Mandela tengah tergolek sakit. Sudah 20 hari, penerima Nobel Perdamaian itu harus berperang melawan infeksi paru-paru.

Meski kondisi mantan Presiden Afrika Selatan tengah kritis, Perdana Menteri Jacob Zuma menyatakan kondisi Mandela membaik, Kamis (27/06/13).

Presiden federasi sepakbola Brasil dan Spanyol, Jose Maria Marin dan Angel Maria Villar Llona, bergabung Presiden FIFA, Sepp Blatter, dalam upacara spesial sebelum final Piala Konfederasi 2013.

Ketiga petinggi federasi sepakbola itu mempersembahkan kostum finalis Piala Konfederasi 2013 kepada Tokyo Sexwale, pihak yang mewakili Yayasan Nelson Mandela yang juga sahabat Mandela.

 “Kekuatan olahraga terpopuler di dunia, yang Anda cintai, yakni sepakbola, bersama-sama mendatangi Anda,” ucap Blatter kepada Madiba, begitu karib menyebut Mandela.

“Sikap itu menunjukkan betapa dunia sepakbola tengah memikirkan Anda,” lanjut Blatter pada akhir seremoni di laman resmi FIFA.

Kostum Brasil dan Spanyol itu lengkap dengan tanda tangan para pemain kedua negara yang tampil di Piala Konfederasi, jadi buah tangan Sexwale untuk Mandela sekembalinya di Afsel.


Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar