tag
Sepakbola
Terkena Hukuman FIFA

Kamerun Haram di Indonesia

Senin, 08 Juli 2013 17:31 WIB
PSSI larang klub-klub Indonesia gunakan para pemain Kamerun.
  • Kamerun Haram di Indonesia

    Kamerun terkena hukuman dari FIFA.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Senin (08/07/13), meminta klub di Indonesia tidak merekrut pemain Kamerun. Larangan PSSI mengadopsi hukuman FIFA terhadap Kamerun.

Federasi Sepakbola Kamerun (FECAFOOT) terkena hukuman dari Badan Sepakbola Dunia (FIFA) setelah pemerintah Kamerun ikut ambil bagian dalam FECAFOOT.

Hukuman dari FIFA berdampak kepada pemain Kamerun yang berada di luar negeri. Negara yang masuk dalam FIFA pasti akan berpikir jauh sebelum merekrut pemain Kamerun.

Sekjen PSSI Joko Driyono menyatakan telah mendapat pemberitahuan FIFA terkait hukuman Kamerun. PSSI meminta klub tidak melakukan transfer pemain Kamerun sebelum sanksi selesai.

"Klub belum bisa mendatangkan pemain baru asal Kamerun sebelum sanksi dari FIFA dicabut karena international transfer certificate-nya (ITC) akan bermasalah," kata Joko Driyono, Senin (08/07/13).

Joko memastikan soal masa depan pemain Kamerun yang sedang merumput di Indonesia.

"Pemain-pemain Kamerun yang berada di kompetisi Indonesia statusnya masih aman. Mereka bisa menyelesaikan kontrak bersama klubnya,” tegas Joko.

FIFA menyatakan akan mencabut sanksi dari Kamerun setelah anggota FECAFOOT kembali normal. Kamerun punya waktu hingga hingga 06 September 2013 untuk mengadopsi statuta FIFA.

Selama menjalani sanksi, FECAFOOT tak bisa mengirimkan wakil ke turnamen regional, kontinental dan internasional. Hal yang sama berlaku kepada klub asal Kamerun.

Bila Kamerun tidak bisa menyelesaikan hukuman tenggat waktu seperti instruksi FIFA, peluang Kamerun ke Piala Dunia 2014 akan terkubur.

Langkah Kamerun ke putaran final Piala Dunia 2014 sangat terbuka setelah memimpin Grup I Qualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Afrika. Kamerun tinggal melawan Libya pada duel terakhir.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar