tag
Sepakbola
Kalahkan Singapura

Bonus untuk Timnas U-23

Sabtu, 13 Juli 2013 15:14 WIB
Indonesia U-23 berpeluang dapatkan bonus besar di Singapura.
Bonus besar menanti tim nasional Indonesia U-23. Guyuran dana sekitar Rp100 juta akan terkucur begitu Garuda Muda melibas tuan rumah Singapura U-23, Sabtu (13/07/13).

Squad berintikan 18 pemain Indonesia U-23 telah bertolak ke Singapura. Mereka akan beruji tanding dengan tuan rumah Singapura U-23 pada Sabtu (13/07/13).

Dalam laga persahabatan sebelumnya di Stadion Manahan, Solo pada 08 Juni 2013, Indonesia tertahan Singapura 1-1. Namun, laga itu belum bisa jadi ukuran karena banyak perubahan komposisi timnas.

Pelatih Rahmad “RD” Darmawan mengakui kualitas squad junior Singapura memang bagus. Apalagi, Th Young Lions bertambah kuat dengan tambahan empat pemain senior.

 “(Tim) Singapura ini lain dengan yang waktu kita lawan di Solo, 60 % sama dan 40 % adalah pemain-pemain yang kemarin juara kompetisi di Malaysia,” ungkap RD, Sabtu.

“Serta empat pemain yang juga tergabung dengan tim senior,” tambah pelatih yang masih masih menukangi Arema Indonesia itu.

Organisasi permainan yang terjalin rapi, menurut RD, jadi kunci kekuatanSingapura menggalang serangan dan menyeimbangkan pertahanan.

“Mereka tim yang sudah sangat lama terbentuk. Mereka main dengan 4-3-3, kemudian mereka punya kemampuan dalam mengorganisasi transisi hilang bola ke bertahan lebih cepat,” tegas RD.

Dia sudah memiliki strategi untuk menandingi kualitas Tim Muda Negeri Singa dengan 18 pemain yang kini menghuni squadnya.

Untuk menghadapi Singapura, RD akan meminta anak asuhnya untuk tidak membiarkan Singapura berkembang. Caranya dengan memainkan bola-bola cepat dari kaki ke kaki.

"Kita harus melakukan penguasaan bola lebih banyak. Main juga harus lebih cepat," urai pelatih yang pernah membesut Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, dan Persija Jakarta.

Dalam latihan terakhir, RD memantapkan formasi 4-2-3-1. Formula itu jadi andalan dlam laga Indonesia kontra Singapura.

Yang menarik RD mengombinasikan tiga pemain dengan karakter cepat di barisan gelandang serang. Ketiga pemain itu Andik Vermansah (Persebaya 1927), Ferinando Pahabol (Persipura) dan Bayu Gatra (Persisam Putra Samarinda).

Di belakang ketiga gelandang serang itu, RD menempatkan duet Rasyid Bakrie (PSM Makassar) dan Egi Melgiansyah (Arema).

"Saya senang dengan kualitas yang diperlihatkan oleh tiga gelandang serangnya. Namun secara tim, ketiga pemain itu butuh waktu untuk padu. Secara individu mereka bagus," tutur RD.

Laga Garuda Muda dipantau langsung Badan Tim Nasional (BTN), seperti penuturan Sekretaris BTN, Sefdin Syaifudin.

"Ketua BTN, La Nyalla Matalitti, akan memantau langsung laga ini di Singapura dan menyediakan bonus 10.000 USD (sekitar Rp100 juta) bagi Timnas U-23, andai menekuk mampu Singapura," terang Sefdin.

Squad Indonesia U-23

Andritany Ardhiyasa, Shahar Ginanjar, Wahyu Kristanto, Syahrizal, Septia Hadi, Riyandi Ramadhana Putra, Syaifudin, Hendro Siswanto, Ahmad Alfarizi, Dedi Kusdinar, Egi Melgiansyah, Rasyid Bakrie, Bayu Gatra, Dendi Santoso, Andik Vermansyah, Ferinando Pahabol, Rudi Setiawan dan Sunarto


Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar