tag
Sepakbola
Anggaran Stadion Pengganti Persija

Tersendat di DPRD DKI

Jumat, 19 Juli 2013 14:25 WIB
Pemprov DKI tunggu persetujuan DPRD untuk bangun Stadion BMW.
  • Tersendat di DPRD DKI

    Pemprov DKI tunggu dewan setujui anggaran pembangunan stadion BMW.

Pembangunan Stadion BMW hampir pasti tersendat. Hingga Jumat (19/07/13), DPRD DKI belum memberi persetujuan anggaran pembangunan kepada Pemprov DKII.

Pemprov DKI Jakarta berencana mulai membangun Stadion BMW pada Oktober 2013. Stadion Bersih Manusiawi Berwibawa (BMW) akan menggantikan Stadion Lebak Bulus, markas Persija Jakarta.

“Saat ini kami tinggal menunggu persetujan DPRD untuk anggaran multiyears (bertahap) 2013-2015," kata Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Ratiyono di balaikota, Jumat (19/07/13). 

Anggaran pembangunan dengan mekanisme multiyears menyedot dana sebesar Rp1,180 triliun. Ratiyono menjelaskan DKI akan melaksanakan lelang kontraktor sepanjang Agustus-September 2013.

Penggunaan Rp1,180 triliun akan terbagi dalam beberapa tahap, yaitu pada tahun 2013 sebesar Rp37 miliar untuk pembebasan lahan 26,5 hektar yang masih ditempati 257 kepala keluarga (KK).

Proses pembangunan pada tahun 2014 akan membutuhkan anggaran sekitar Rp500 miliar. Sisa dana akan cair pada tahun 2015. Bila sesuai program, Stadion BMW dapat beroperasi pada akhir tahun 2015.

“Proses pembebasan lahan akan kami laksanakan Oktober sampai akhir tahun. Belum semua penduduk sepakat, tapi pada awal tahun kami menargetkan sudah melaksanakan proses berikutnya," jelas Ratiyono.

Pembangunan Taman BMW di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, sudah masuk dalam rencana Pemprov DKI pada tahun 2010. Target awal pembangunan selesai pada tahun 2012.

Stadion BMW yang menghabiskan anggaran lebih dari Rp1 triliun berpeluang menjadi stadion termegah di Asia dengan kapasitas penonton 50.000 orang.

Luas seluruh area stadion mencapai 26,5 hektar, termasuk stadion, hutan kota, ruang terbuka hijau (RTH), lapangan parkir, olahraga air dan dua lapangan latihan sepakbola.

Dalam rancangan pembangunan, stadion akan punya jogging track. Lahan yang tersisa masih memungkinkan untuk pembangunan daerah resapan air, seperti waduk dan situ.

DKI menguasai lahan 26,5 hektar yang merupakan utang tujuh perusahaan, antara lain Astra International, Grup Agung Podomoro, Prospect Motor, Indofica Housing dan PT Pembangunan Jaya.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar