tag
Sepakbola
Pelatih Baru Barcelona

Tata Titisan Bielsa

Selasa, 23 Juli 2013 19:20 WIB
Gerardo Martino usung sepakbola menyerang ala Marcelo Bielsa.
  • Tata Titisan Bielsa

    Gerardo Martino merupakan murid dari Marcelo Bielsa.

Barcelona resmi umumkan Gerardo Martino sebagai pelatih baru, Selasa (23/07/13). Barça menilai Martino sosok paling tepat karena memiliki filosofi sepakbola menyerang.

Gerardo Martino tak akan menyangka akan melatih klub sebesar Barcelona. Pria berusia 50 tahun itu bahkan semula tak mau menjadi pelatih sepakbola usai pensiun sebagai pemain.

“Menjadi pemain sepakbola tak ada bandingannya di dunia. Bermain dalam sebuah pertandingan, membuat perbedaan, tak seperti menjadi seorang pelatih,” ujar Martino.

Pelatih yang memiliki sapaan Tata merupakan gelandang serang cemerlang saat menjadi pemain di Newell’s Old Boy. Bersama Newell’s Tata bermain 16 musim dan menyumbang empat gelar liga.

Salah satu gelar Martino raih saat Newell’s di bawah asuhan pelatih Marcelo Bielsa. Selepas pensiun menjadi pemain pada 1996, Tata akhirnya memutuskan menjadi pelatih.

Kecintaan terhadap sepakbola membuat Martino tak mau lepas dari lapangan hijau. Pada 1998 Martino memulai petualangan sebagai pelatih saat menangani klub divisi 2, Brown de Arrecifes.

Karier Martino makin meroket saat hijrah ke Paraguay. Di negeri tetangga Argentina Tata meraih 7 gelar saat mengarsiteki Libertad dan Cerro Porteño (2003-2006).

Pencapaian gemilang membawa Martino menjadi pelatih tim nasional Paraguay pada 2006. Pada PIala Dunia 2010, Paraguay melaju ke perempatfinal di bawah Martino.

Pada 2011, Martino membawa Paraguay tampil di partai puncak Copa America. Martino kemudian memilih kembali dan menyelamatkan Newell’s dari jurang degradasi.

Martino juga menyulap Newell’s menjadi tim yang menampilkan permainan menyerang yang atraktif. Newell’s menjadi juara liga dan tampil di semifinal Copa Libertadores 2012.

 

Suka Sepakbola Menyerang

Kiprah Martino sebagai pelatih tak lepas dari didikan Bielsa, yang memiliki andil besar. Martino memiliki banyak kesamaan dengan gurunya.

Tata suka mempelajari permainan dan menyenangi sepakbola menyerang. Seperti Bielsa, Martino percaya bahwa pemain lebih berperan daripada pelatih.

Bielsa mengatakan untuk bisa sukses, pelatih membutuhkan pemain bertalenta tinggi yang punya karakter kuat. Martino juga berpendapat serupa dengan Bielsa.

Martino merupakan pelatih yang mengagungkan permainan menyerang dengan hard-pressing dan penguasaan bola. Martino adalah penganut bielsista, serupa dengan Pep Guardiola.


Editor : Yusuf Abdillah

  • comment
Komentar