tag
Sepakbola
Kenalan Lama di Argentina

Messi Pembuka Pintu Tata

Rabu, 24 Juli 2013 16:18 WIB
Gerardo Martino akui Lionel Messi ikut pilih dia melatih Barcelona.
  • Messi Pembuka Pintu Tata

    Gerardo 'Tata' Martino saat pamit dari klub lama, Newell's Old Boys.

Pelatih baru Barcelona, Gerardo Martino, yakin, pengaruh Lionel Messi dalam pemilihan pengganti Tito Vilanova. Rabu (24/07/13), Martino menyebut, Messi mempengaruhi manajemen Barça.

Lionel Messi dan Gerardo Martino sudah saling kenal sebelum Barcelona mengumumkan pelatih baru, pengganti Tito Vilanova. Messi dan Martino berasal dari kota yang sama di Argentina, Rosario.

Bahkan mereka pernah memperkuat klub asal di Rosario pada kurun sama meski di tingkat beda. Pada 1995, Martino kembali ke Newell’s Old Boys untuk kali ketiga sepanjang karier profesional.

Pada awal musim sama, Leo Messi kecil baru bergabung tim kanak-kanak Newell’s Old Boys. Di tingkat akademi Newell’s, Leo belajar selama lima tahun hingga pindah ke Barcelona pada usia 13.

Sebelum hijrah, Leo kecil berlatih selama dua tahun di bawah arahan Adrian Coria, yang sekarang menjadi staf Gerardo Martino. Coria kemungkinan akan ikut Martino ke Barcelona sebagai asisten.

Meski mengaku tidak tahu persis bagaimana prosesnya, Martino mengatakan, “Saya tak ragu, Jorge dan Lionel punya pengaruh. Saya yakin, Barcelona menanyakan pendapat mereka tentanga saya.”

Jorge Messi ialah ayah sekaligus pelatih pertama dan kini agen Lionel Messi. Jorge mendampingi Leo pindah dari Rosario dan tinggal di rumah kerabatnya di Lleida, tak jauh dari Barcelon, di Catalunya.

Keluarga Messi sebentar lagi akan menyambut rombongan Tata Martino yang merupakan pelatih keempat asal Argentina. Sebelum Tata, ada Helenio Herrera, Roque Olsen dan César Luís Menotti.

 

Mantan Pemain Barcelona

“Situasi ini tak terduga dan mengejutkan saya,” aku Martino. “Ini kesempatan kerja sangat penting yang datang ke pada saya karena kejadian yang tak menguntungkan (penyakit Tito Vilanova).”

Bagi Messi dan kawan-kawan (kecuali Neymar Júnior), Martino memudahkan transisi pengucapan nama pelatih, dari Tito ke Tata. Mereka pun tak repot berkomunikasi sebab Tata berbahasa Spanyol.

Dalam pengalaman Tata, Barcelona pun bukan hal baru. Sebelum pensiun di klub kecil tanpa pernah turun di Liga Chile, dia pindah dari Newell’s dan singgah di klub Ekuador, Barcelona Sporting Club! 


Editor : Rawan Kurniawan

  • comment
Komentar