tag
Sepakbola
Rencana PSSI

LSI-LPI Gabung Januari

Rabu, 31 Juli 2013 11:45 WIB
PSSI berencana gabungkan LSI dan LPI, Januari 2014.
  • LSI-LPI Gabung Januari

    PSSI akan menggabungkan LSI dan LPI pada Januari 2014.

Selasa (30/07/13), PSSI menjadwalkan penggabungan Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia pada Januari 2014, mundur sebulan dari rencana sebelumnya.

Sekretaris Jenderal Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, Joko Driyono, Selasa (30/07/13), menyatakan penggabungan Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia pada Januari 2014.

"Awalnya kompetisi akan dilakukan Desember. Namun, banyak hal yang harus diselesaikan termasuk turnamen yang merupakan agenda tetap AFF dan AFC," kata Joko di Jakarta.

Penggabungan dua kompetisi itu merupakan tindak lanjut hasil Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Borobudur, Jakarta pada 17 Maret lalu.

Menurut Joko, berdasar pada hasil KLB PSSI jumlah kontestan kompetisi baru musim depan sebanyak 22 tim, terdiri dari 18 tim LSI dan empat tim kompetisi LPI.

Kendala PSSI maupun kedua operator kompetisi adalah liga berakhir tidak dalam waktu yang bersamaan. Itu yang membuat penggabungan LSI dan LPI mundur sebulan.

LSI hasil besutan PT Liga Indonesia –dengan Joko Driyono masih menjabat sebagai CEO-- menuntaskan kompetisi pada 7 September nanti.

Sementara LPI hasil pengelolaan PT Liga Prima Indonesia Sportinto (LPIS) baru memulai putaran kedua pada akhir Agustus 2013.

"Makanya kami (PSSI) akan mengundang pihak LPIS dan semua klub untuk membahas permasalahan yang ada. Mereka akan kami panggil Jumat (02/08/13) nanti," tambah Joko.

Dia menilai kompetisi musim depan akan menghadapi banyak tantangan. Selain mekanisme kompetisi baru, sejumlah event berskala nasional dan internasional telah berada di depan.

Dua agenda besar, menurut Joko, yang kemungkinan akan memengaruhi pelaksanaan kompetisi, yaitu Piala Dunia Brasil 2014, pemilihan umum legislatif, dan pemilihan presiden.

"Jika dilihat situasi yang ada, tidak akan mudah mengeksekusi kompetisi dengan peserta 22 klub," kata pria asal Ngawi, Jawa Timur itu.

Masih dari Joko, PT Liga Indonesia, akan memverifikasi kesiapan tiap peserta mulai dari infrastruktur, manajemen tim, pendanaan hingga pendukung lainnya.


Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar