tag
Sepakbola
Kesepakatan Manchester United & Everton

Di Balik Transfer Fellaini

Selasa, 03 September 2013 14:31 WIB
Marouane Fellaini gabung MU dengan banderol lebih mahal.
  • Di Balik Transfer Fellaini

    Manchester United dapatkan gelandang Everton Marouane Fellaini.

  • Di Balik Transfer Fellaini

    Manchester United dapatkan gelandang Everton Marouane Fellaini.

  • Di Balik Transfer Fellaini
  • Di Balik Transfer Fellaini
Marouane Fellaini-Bakkioui resmi berkostum Manchester United, jelang tenggat waktu bursa transfer berakhir, Senin (02/09/13), pukul 23.00 waktu setempat. Harga Fellaini lebih mahal dari yang sebenarnya.

Harga Marouane Fellaini-Bakkioui yang tertera pada klausul beli lepas (buy-out clause) mencapai £23,5 juta atau sekitar Rp401,3 miliar (kurs Rp17.079).

Namun, banderol kontrak pemain Belgia itu sudah kadaluwarsa pada 31 Juli lalu. Everton justru memanfaatkan hal itu ketika Manchester United datang jelang tenggat waktu bursa transfer, Senin (02/09/13).

Bill Kenwright –Chairman The Toffees—menilai label harga Fellaini pada angka £27,5 juta. Guardian melaporkan Fellaini meminta transfer resmi, Senin malam, tiga jam sebelum bursa tutup pada 23.00 waktu Inggris.

Manajer MU David Moyes dan Executive Vice Chairman Ed Woodward sadar harga Fellaini melebihi banderol buyout clause kontrak, di mana klausul itu telah kadaluwarsa sebulan lalu.

Namun, tenggat waktu yang demikian pendek membuat kedua petinggi Iblis Merah harus menganggukan kepala. Fellaini pun terbang dari Merseyside ke Manchester.

“Saya tergetar setelah meneken kesepakatan dengan Manchester United. Saya sudah mengenal manajer (Moyes) selama beberapa tahun dan menghormati cara dia bekerja,” sebut Fellaini di laman MU.

“Ketika diberi kesempatan bekerja sama dia lagi, saya mengambil kesempatan itu. Saya punya masa fantastis bersama Everton dan berterima kasih kepada fans dan staf atas apa yang telah mereka lakukan,” lanjut Fellaini.

Sebelum kesepakatan itu Kenwright menyatakan MU harus memisahkan kesepakatan untuk Fellaini dan Leighton Baines. Kedua pemain itu sempat MU tawar dengan banderol £40 juta, namun segera Everton tampik.

The Red Devils fokus terhadap Fellaini, setelah gagal membeli Ander Herrera dari Athletic Bilbao. Sebelumnya, manajemen Manchester Merah telah gagal mendaratkan duo Barcelona, Cesc Fábregas and Thiago Alcântara.

“Saya telah bekerja dengan Marouane selama lima tahun dan senang sekali ketika dia akhirnya memutuskan bergabung dengan Manchester United,” tutur Moyes.

“Dia pesepakbola dengan kemampuan dan kekuatan yang hebat. Saya pikir dia akan jadi pembeda sebenarnya pada squad ini,” tandas sang manajer MU.


Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar