tag
Sepakbola
Jelang Piala Dunia 2014

Reuni Vogts & Klinsmann

Senin, 31 Maret 2014 22:00 WIB
Berti Vogts akan bereuni dengan Jurgen Klinsmann di tim nasional Amerika Serikat.
  • Reuni Vogts & Klinsmann

    Berti Vogts akan menjadi penasihat timnas Amerika Serikat.

Senin (31/03/14), nuansa jerman kian santernya saja di tubuh tim nasional Amerika Serikat. Setelah kepala pelatih dipegang Jurgen Klinsmann, kini Berti Vogts yang mempersembahkan Jerman Piala Eropa 1996 juga ikut bergabung.

Pelatih timnas Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann menyetujui mantan manajer Jerman Berti Vogts menjadi penasihat khusus timnya untuk putaran final Piala Dunia di Brazil, Federasi Sepak Bola AS mengumumkan pada Minggu waktu setempat.

Kedua orang tersebut mempunyai hubungan dekat, dan Vogts yang pernah melatih timnas Jerman, termasuk Klinsmann, menjuarai kompetisi Euro pada 1996 di Inggris. Kejuaraan itu menjadi prestasi terbesar terakhir yang bisa dimenangkan Jerman.

"Kami merasa sangat beruntung dengan bergabungnya Berti kedalam tim sebagai penasihat," ujar Klinsmann dalam laman resmi U.S Soccer.

"Dia merupakan pelatih saya untuk Jerman pada era 1990-an . Sepanjang karirnya melatih timnas Skotlandia, Nigeria dan Azerbaijan, dia sudah memahami permainan calon lawan-lawan di fase penyisihan grup Piala Dunia, dan bagi kami ini merupakan bonus besar," tambah Jurgen.

Vogts akan memberikan bantuannya dalam pengembangan rencana latihan, membantu persiapan menghadapi calon-calon lawan serta mengamati pertandingan yang melibatkan rival AS dalam grup G, yakni Jerman, Portugal dan Ghana.

Semasa aktif sebagai pemain Vogts dikenal sebagai pemain bertahan dan telah 96 kali memperkuat timnas Jerman, turut bermain dalam 19 pertandingan di tiga Piala Dunia, termasuk putaran Piala Dunia tahun 1974 ketka Jerman mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 pada babak final.

Menggantikan sosok Franz backenbauer sebagai pelatih timnas Jerman di tahun 1990, Vogts berhasil membawa tim Panser juara pada tahun 1996.

Namun karirnya sebagai pelatih Jerman harus terhenti setelah Jerman tersingkir di babak perempat final di Piala Dunia 1998.

Selepas melatih Jerman, Vogts menjadi pelatih beberapa negara seperti Skotlandia (2002-2004) dan Nigeria (2007-2008). Terakhir kali dia menjabat sebagai pelatih timnas Azerbaijan sejak April 2008.


Editor : Raditya Adi Nugraha

  • comment
Komentar