tag
Sepakbola
Tandatangani Nota Kesepakatan

Jakmania & Bobotoh Islah

Jumat, 11 April 2014 12:51 WIB
Dua kubu suporter, The Jakmania dan Bobotoh, sepakat akhiri konflik.
  • Jakmania & Bobotoh Islah

    Kepolisian fasilitasi islah antara Jakmania dan Bobotoh

  • Jakmania & Bobotoh Islah

    Kepolisian fasilitasi islah antara Jakmania dan Bobotoh

  • Jakmania & Bobotoh Islah
  • Jakmania & Bobotoh Islah
Fans Persija Jakarta, The Jakmania dan Bobotoh, Persib Bandung, Jumat (11/04/14) sepakat menandatangani nota kesepakatan guna mengakhiri konflik berkepanjangan dua kubu.

Bertempat di di Gedung Diva Cita, Polres Bogor, Jumat (11/04/14) kedua suporter diwakili oleh para petingginya didampingi perwakilan dari tim Persib dan Persija Jakarta, menandatangi nota kesepakatan.

Perdamaian yang digagas oleh Polda Jawa Barat dan Metro Jaya ini disambut baik oleh Ketua Umum (Ketum) The Jakmania, M. Larico Ranggamone.

"Kita sangat berharap ini dapat berjalan lancar. Harapan kita perjanjian ini membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk kedua suporter dan tim yang kita dukung," kata Larico.

Bersama sekitar 15 pengurus baik pusat dan daerah, dirinya mengaku siap menyosialisasikan perdamaian ini kepada 81 ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.  

"Kita berharap ketidak harmonisan ini dapat diakhiri. Jangan sampai mengakar sampai ke anak cucu kita," tegas ia.

Ketua Umum Viking Persib Club, Heru Joko pun mengungkapkan hal yang sama. Ia mengaku optimistis langkah yang baik ini akan berjalan maksimal.

"Semoga semua lancar. Kita niatkan ibadah saja," kata Heru.  

Kesepakatan antara pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung tertuang dalam enam poin kesepakatan yang memiliki kekuatan hukum tetap. Maka, jika ada pihak yang melanggar akan terancam sanksi pidana.

Perjanjian ini akan ditandatangani oleh perwakilan Persib dan Persija, para petinggi suporter kedua kesebelasan dan perwakilan dari Polda Jawa Barat dan Polda Metro Jaya.

"Konflik, kekacauan akan selalu ada. Tapi kita dari Polda berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi itu. Kita harus ikhtiar untuk menciptakan perdamaian," kata Direktorat Binmas Polda Jawa Barat, Kombes Polisi Erwin Chahara Rusmana.

Sejumlah aturan yang akan disetujui kedua belah pihak, memiliki subtansi untuk menghentikan pertikaian antara dua kubu pecinta sepak bola, yang sebelumnya pernah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Berikut enam poin kesepakatan antara Bobotoh dan The Jakmania, seperti dikutip dari situs resmi Persib:

1. Saling menghormati antara suporter/pendukung Persib bandung dengan suporter/pendukung Persija Jakarta, untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kebencian, konflik fisik maupun tindakan anarkis lainnya, dengan cara mengendalikan seluruh pendukung demi terwujudnya suasana kondusif dalam setiap pertandingan maupun di luar pertandingan sepak bola di manapun lokasi pertandingan dilaksanakan, khusus di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

2.  Menghentikan pertikaian antara suporter/pendukung Persib Bandung dan suporter/pendukung Persija Jakarta di setiap pertandingan sepak bola antara Persib bandung dan Persija Jakarta yang berlangsung  di wilayah Jawa Barat maupun di DKI Jakarta serta di wilayah lainnya.

3. Melaksanakan tugas secara bersama-sama antara ketua, koordinator lapangan dan suporter/pendukung dengan aparat keamanan dalam pengamanan kegiatan pertandingan sepak bola antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta yang melibatkan pengerahan massa/suporter dari kedua belah pihak.

4. Secara proaktif akan membantu aparat keamanan dalam memelihara dan menjaga keamanan serta ketertiban dengan mengoptimalkan koordinasi yang efektif antara suporter/pendukung Persib Bandung dengan suporter/pendukung Persija Jakarta terkait dalam pertandingan sepak bola baik antara Persib dan Persija ataupun pertandingan kesebelasan lainnya serta kegiatan lainnya.

5. Dengan islah antara suporter/pendukung Persib dan Persija, kita tingkatkan hubungan silaturahmi dan persaudaraan guna meraih prestasi sepak bola Indonesia.

6. Menaati seluruh ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, di antaranya mematuhi ketertiban berlalu lintas, apabila terjadi pelanggaran/tindak pidana yang harus diselesaikan sesuai dengan prosedur hukum, tidak akan mencampuri/mengintervensi yang dapat mengganggu proses penyidikan, penuntutan dan persidangan.

 

 

 

 


Editor : Irfan Fikri

  • comment
Komentar