tag
Sepakbola
Jelang Piala Dunia 2014

Aljazair, Tim Afrika ala Eropa

Minggu, 01 Juni 2014 17:11 WIB
Aljazair menjadi tim Afrika dengan kualitas pemain Eropa.
  • Aljazair, Tim Afrika ala Eropa

    Timnas Aljazair untuk Piala Dunia 2014

Banyaknya imigran Aljazair di Prancis ternyata berpengaruh besar dalam perkembangan sepakbola di negara Afrika bagian utara itu yang kembali lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Menghadapi Piala Dunia di Brasil awal Juni ini, sebagian besar anggota timnas Aljazair adalah pemain-pemain kelahiran Prancis dan sejak kecil sudah dibina di klub-klub profesional Eropa.

Mendapat panggilan tanah leluhur, mereka pun siap membuat kejutan di Brasil dengan kualitas sepak bola layaknya tim-tim Eropa.

Bahkan banyak juga di antara mereka yang pernah memperkuat tim junior Prancis, kemudian di tingkat senior memilih untuk memperkuat tim negri asalnya.

Salah satu pemain kelahiran Prancis yang diharapkan bersinar untuk Aljazair di Piala Dunia 2014 ini adalah Nabil Bentaleb.

Meski usianya baru 19 tahun, Bentaleb mendapat kepercayaan penuh dari pelatih Aljazair, Vahid Halihodzic untuk memperkuat lini tengah.

Karir Bentaleb dapat disebut meroket sangat cepat. Enam bulan lalu ia masih menjadi anggota tim junior klub Inggris Tottenham Hotspur. Kini ia bakal tampil di Piala Dunia bersama tim nasional Aljazair.

Pemain kelahiran Lille, Prancis ini sejak kecil sudah berkiprah di berbagai klub Eropa, dengan berbagai suka dan dukanya.

"Saya telah melalui jalan yang sulit sebelum sampai ke tempat sekarang ini," kata Bentaleb seperti dikutip Reuters.

Ia menceritakan bagaimana ia beberapa kali ditolak klub-klub dalam kurun waktu yang singkat.

"Saya sempat berpikir apakah menyerah atau tetap mencoba untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka salah," kata Bentaleb yang juga pernah masuk tim U-19 Prancis sebelum memutuskan pindah status ke Aljazair, mengikuti orang tuanya.

"Saya bangga bisa memperkuat tim Aljazair,” lanjut ia.

Pelatih Halihodzic juga memasang pemain kelahiran Prancis lainnya seperti Riyad Mahrez (Leichestera) dan Rafik Djebbour (Nottingham Forest).

Sepakbola Aljazair memang terangkat oleh warganya yang menjadi imigran di Prancis. Namun Prancis pun juga beruntung dengan kondisi ini. Zinedine Zidane dan Karim Benzema adalah contohnya.

Tim Aljazair "ala Prancis" inilah yang akan bersaing dengan Belgia, Rusia, dan Korea Selatan di Grup H Piala Dunia 2014.

Empat tahun lalu Aljazair juga lolos ke putaran final Piala Dunia, tapi tersisih di babak grup. Kini Halihodzic, diminta untuk bisa membawa timnya setidaknya lolos ke babak grup.

"Kami negri kecil, dan target pertama kami adalah memenangkan pertandingan, kemudian jika mungkin, lolos ke babak kedua, karena sebelumnya Aljazair belum bisa sejauh itu," kata pelatih berdarah Bosnia itu.

Dengan bertabur pemain dari berbagai klub Eropa, maka diharapkan kualitas yang ditunjukkan tim Aljazair tidak akan jauh dari tim-tm papan atas benua itu.

Aljazair pernah nyaris lolos ke babak kedua pada Piala Dunia 1982 dan sempat mengalahkan Jerman Barat. Namun mereka menjadi korban "main sabun" Jerman Barat dan Austria, yang kemudian menjadi juara dan posisi kedua grup.

Lolos ke putaran final Piala Dunia merupakan keempat kalinya bagi Aljazair, yakni tahun 1982, 1986, 2010, dan kini 2014.

Kemelut politik di negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir, tidak menghalangi performa tim sepakbolanya yang menjadi kebanggaan rakyat di negara Afrika berbahasa Arab tersebut.

Berikut susunan pemain timnas Aljazair:

Kiper: Izzedine Doukha; Rais M'Bolhi; Cedric Si Mohammd; Mohamed Lamine.

Bek: Essad Belkalem; Majid Bougherra; Liasine Cadamuro; Faouzi Ghuoalm; Rafik Halliche; Nacereddine Khuoaled; Aissa Mandi; Carl Medjani; Djamel Mezbah; Mehdi Zostefa.

Gelandang: Nabil Benzaleb; Ryan Boudebouz; Yacine Brahimi; Adlene Guediora; Amir Karaoui; Mehdi Lacen; Saphir Taider; Hassen Yebda.

Striker: Rafik Djebour; Abdelmoumen Djabou; Sofiane Feghouli; Ryad Mahrez; Islam Slimani; Hilal Soudani; Foued Kadir; Nabil Ghilas.


Penulis : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar