tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Gerrard Hindari Adu Penalti

Rabu, 04 Juni 2014 16:38 WIB
Steven Gerrard berharap Inggris tak mendapat adu penalti di Piala Dunia 2014.
  • Gerrard Hindari Adu Penalti

    Steven Gerrard

Kapten tim nasional Inggris, Steven Gerrard, Rabu (04/06/14), mengungkapkan timnya berlatih tendangan penalti dalam setiap sesi latihan. Tetapi Gerrard tidak berharap The Three Lions akan menjalankan adu penalti di Piala Dunia 2014.

Steven Gerrard memang punya kenangan manis dengan adu penalti, ketika membawa Liverpool mengalahkan AC Milan pada final Liga Champions 2004-2005. Saat itu The Reds menjadi juara melalui adu penalti, setelah bermain imbang 3-3 dalam waktu normal.

Namun, bersama seragam tim nasional Inggris, nasib Gerrard berbalik 180 derajat. Gerrard dibuat menangis tiga kali karena Inggris selalu tersingkir karena kalah dalam babak adu penalti.

Pertama pada Euro Portugal 2004, meskipun Gerrard tidak ikut serta dalam tendangan adu penalti, Inggris terpaksa angkat koper setelah kalah 5-6 dalam adu penalti dengan Portugal pada babak perempatfinal.

Pada Piala Dunia Jerman 2006, nasib sial Gerrard berlanjut. Lawan yang dihadapi masih sama, yakni Portugal, namun kali ini Gerrard menjadi salah satu algojo. Dan pemain yang kini berusia 34 tahun itu gagal menyarangkan bola ke gawang Portugal. Inggris kalah 1-3 dalam adu penalti.

Terakhir, pada Euro Polandia-Ukraina 2012, Inggris kembali tersingkir karena kalah dalam adu penalti. Kali ini Gerrard sukses membuat gol dalam adu penalti ke gawang Italia. Sayangnya, Inggris tetap tersingkir setelah kalah 2-4 dalam adu penalti.

Melihat catatan buruk yang selalu dialami Gerrard bersama Inggris, pemilik 110 caps itu berharap timnya tidak perlu melakukan adu penalti pada Piala Dunia Brasil 2014.

"Kami akan berlatih tendangan penalti, tapi itu adalah situasi yang sulit untuk diungkapkan dalam kata-kata dan digambarkan. Ada banyak tekanan," kata Gerrard kepada BBC Radio Five Live.

"Anda memiliki sejarah mengerikan tentang tendangan penalti Anda. Apa yang dipertaruhkan jauh lebih besar dan itu adalah situasi penuh tekanan."

"Saya bisa mengerti pendapat orang karena kami telah gagal dalam beberapa kali tendangan penalti, tapi saya akan mengatakan bahwa saya tidak terbawa dengan hal itu, karena itu tidak masuk akal," tutup Gerrard.


Penulis : Joko Sedayu
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Inggris
  • comment
Artikel Terkait
Komentar