tag
Sepakbola
Sebagai Obyek Hukum HAKI

Nama Persib Dipatenkan

Sabtu, 07 Juni 2014 18:43 WIB
Persib resmi mempatenkan nama sebagai objek hokum dari HAKI.
  • Nama Persib Dipatenkan
    Internet

    Logo Persib

Pentolan Viking Persib Fans Club, Yana Umar, Sabtu (07/06/14), menyambut baik terkait program PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang telah mempatenkan nama Persib sebagai objek hukum dari Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Dengan program PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang telah mempatenkan nama Persib sebagai obyek hukum dari Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) akan membuat kedepannya tidak adanya pihak tertentu menggunakan secara sembarangan nama besar Persib.

"Kedepannya setiap pihak yang menggunakan nama Persib harus berkoordinasi dulu dengan PT PBB," kata Yana saat ditemui di kediaman Manajer Persib, Umuh Muchtar, Tanjung Sari, Sumedang.

Dengan itu pula, lanjut Yana perbuatan hukum mempatenkan nama Persib ke Dirjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM RI, dipastikan akan berdampak pada penjual merchandise seperti logo pada baju.

"Kalau ada koordinasi dengan PT PBB sebagai pemilik lisensi hak paten, penjual tidak sembarangan jual logo. Nantinya setiap pedagang eceran baju dan logo Persib harus koordinasi. Bisa berbentuk kerjasama dan berbagi keuntungan dengan PT PBB," jelas Yana.

Sebelumnya, para mantan pesepakbola yang pernah membela Persib, masih menggunakan nama tersebut dalam beberapa kesempatan.

Seperti halnya saat laga persahabatan menghadapi The Boys From Manchester dan dalam ajang deklarasi dukungan kepada Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto dan Cawapres Hatta Rajasa di Bandung beberapa waktu lalu.

"Persib legenda ini harus dihargai karena mereka sempat bawa Persib juara. Tapi berhubung itu, kedepannya harus tetap berkoordinasi," tutur Yana.

Hal senada diungkapkan Manajer Persib, Umuh Muchtar. Menurut dia para mantan pesepakbola yang pernah membela Persib harus dihargai.

"Kalau sekarang mereka tidak membawa nama Persib, nanti namanya mantan tim mana dong? Nah ini yang akan kita kaji nanti. Tapi pastinya mantan-mantan Persib seperti masih bisa gunakan nama Persib. Karena tanpa mereka juga, Persib tidak ada," ujar Umuh.

Seperti sebelumnya, Direktur PT PBB, Risha Adhi Wijaya menegaskan, PT PBB selaku badan hukum yang menaungi klub Persib Bandung, telah mempatenkan nama Persib sebagai obyek HAKI. 

"Kami telah mendaftarkan nama Persib ini ke Dirjen HAKI sebagai hak paten dan bagian dari hak kekayaan intelektual PT PBB. Kami pun telah memiliki lisensi HAKI atas nama Persib," kata Risha.

Sehingga, kata Risha, setiap bentuk pemakaian nama Persib, harus berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari PT PBB, sebagai pemegang lisensi, atau dengan kata lain tidak bisa digunakan sembarang orang untuk setiap kepentingan.

"Jadi garis besarnya adalah setiap pihak yang menggunakan nama Persib, sedianya harus berkoordinasi terlebih dulu dengan kami dari PT PBB sebagai pemegang lisensi HAKI atas nama Persib," ujar ia.

Terlepas dari penggunaan nama Persib dalam ajang dukungan dari mantan pemain Persib kepada capres Prabowo Subianto dan Cawapresnya, Hatta Rajasa di salah satu cafe di Kota Bandung, yang dihadiri sejumlah mantan pemain Persib bahkan pelatih Persib sendiri, Djadjang Nurdjaman.

"Terlepas dari itu, intinya seperti yang saya katakan, penggunaan nama Persib oleh pihak manapun harus berkoordinasi terlebih dulu dengan kami sebagai pemegang lisensi nama Persib sebagai obyek Haki," tegasnya.

Bukan kali ini saja, nama Persib juga digunakan dalam laga melawan The Boys From Manchester belum lama ini. Saat itu, mereka melawan tim Persib Legends yang diperkuat oleh mantan pemain Persib. 

Penggunaan nama Persib di pertandingan itu pun, EO penyeleggara tidak berkoordinasi terlebih dulu dengan PT PBB sebagai pemegang otoritas nama Persib yang telah berlisensi HAKI.

 


Penulis : Ginanjar
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Persib Bandung
  • comment
Artikel Terkait
Komentar