tag
Sepakbola
Dianggap Tak Nasionalis

Diego Costa Tetap Tenang

Rabu, 11 Juni 2014 06:38 WIB
Diego Costa Kembali ke kampung halaman dan akan mendapat dukungan 10.000 penggemar.
Rabu (11/06/14), Diego Costa yakin bahwa dirinya bisa menghadapi cemoohan publik Brasil setelah ia memutuskan untuk membela Spanyol.

Costa yang lahir di Lagarto,sebuah daerah yang terletak di timur laut Brazil, mendapat kewarganegaraan Spanyol pada bulan September 2013 setelah tinggal selama 6 tahun.

Kepindahan kewarganegaraan Costa menuai banyak perhatian sebab sebelumnya Costa pernah membela timnas Brasil pada pertandingan persahabatan kontra Italia, Maret 2013.

Salah satu pihak yang gusar atas kepindahan striker Atletico Madrid ini adalah pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari.

"Seorang warga Brasil mengundurkan diri dan menolak untuk mengenakan seragam timnas Brasil. Dia (Costa) telah mengecewakan jutaan harapan warga Brasil, sebuah negara yang telah memenangkan lima gelar Piala DUnia," kata Scolari.

Namun Costa memiliki pembelaan tersendiri. Pemain yang pernah dipinjamkan ke Celta Vigo ini mengatakan bahwa hanya pelatih Spanyol, Vicente del Bosque yang menghubunginya dan memberi ia peluang untuk masuk skuad inti Piala Dunia.

"Saya merasa santai sebab saya memiliki dukungan dari banyak orang yang memahami situasinya. Sejauh ini baik-baik saja, dan orang-orang memperlakukan saya seperti apa yang saya perkirakan," kata Costa pada konferensi pers di markas timnas Spanyol di Curitiba.

Costa merupakan sosok fenomenal di Liga Spanyol musim lalu, mencetak 36 gol saat Atletico menjuarai liga domestik dan mencapai final Liga Champions.

Keluarga Costa akan melakukan perjalanan sejauh 350 kilometer ke Salvador de Bahia untuk menyaksikan pertandingan pembuka Spanyol pada 13 Juni, melawan Belanda.

"Kami merupakan bagian kecil Spanyol di Brazil dan Diego telah mendapat dukungan 100.000 penggemar Brazil," kata saudara kandungnya Jair kepada surat kabar As.

"Orang tua saya sangat gembira sebab sekarang saya lebih dekat dengan mereka. Mereka selalu mendukung keputusan saya," kata Costa.

Costa telah menjalani tes kebugaran saat melawan El Salvador akhir pekan silam, setelah sempat mengalami masalah pada otot paha belakangnya di akhir musim lalu.

"Normal untuk merasa gugup sebelum dimulainya (turnamen). Kami menghadapi tim yang sangat kuat dan kami semua berlatih setiap hari untuk bisa berada pada kondisi terbaik,"tutup Costa.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Spanyol #Diego Costa
  • comment
Artikel Terkait
Komentar