tag
Sepakbola
Brasil 3-1 Kroasia

Awal Sempurna Brasil

Jumat, 13 Juni 2014 05:10 WIB
Brasil meraih kemenangan 3-1 atas Kroasia dalam duel pembuka Grup A di Piala Dunia 2014.
  • Awal Sempurna Brasil
    Internet

    Neymar (tengah) sumbang 2 gol saat Brasil menang 3-1 atas Kroasia.

  • Awal Sempurna Brasil
    Internet

    Piala Dunia 2014 diawali dengan kemenangan Brasil atas Kroasia.

  • Awal Sempurna Brasil
  • Awal Sempurna Brasil
Tuan rumah Brasil memetik kemenangan pembuka usai mengalahkan Kroasia 3-1 dalam pertandingan pembuka Grup A di Piala Dunia 2014 di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Jumat (13/06/14) dini hari WIB.

Brasil mencatat pertandingan pembuka Piala Dunia Brasil 2014 dengan sempurna. Tim Selecao meraih tiga poin berkat dua gol Neymar dan satu gol Oscar. Gol semata wayang Kroasia dari gol bunuh diri bek Brasil Marcelo.

Dengan kemenangan ini, untuk sementara Brasil memimpin Grup A dengan perolehan tiga poin dari satu pertandingan. Kroasia harus puas berada di dasar grup.

Bermain di hadapan ribuan pendukung tuan rumah tidak membuat nyali pemain Kroasia gentar. Baru berjalan satu menit, Mateo Kovacic melepas tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun bola masih melebar di sisi kiri gawang Brasil.

Brasil membalas. Menit ketujuh Brasil mendapat peluang melalui sundulan David Luiz. Sayang bola tandukan Luiz masih mentah di tangan kiper Kroasia Stipe Pletikosa.

Semenit kemudian, giliran Kroasia mengancam melalui bola-bola atas. Menerima umpan silang dari Ivan Perisic, bola langsung disambar kepala Ivica Olic. Sayang sundulan Olicitu melebar dari mulut gawang.

Pada menit 11, Kroasia membuat pendukung Brasil terdiam. Berawal dari pergerakan Olic di sisi kiri lapangan, dia melepas umpan ke mulut gawang Brasil. Bola mengarah ke Nikica Jelavic, tapi terlalu deras dan secara tidak sengaja menyentuh kaki Marcelo. 1-0 Kroasia memimpin.

Tertinggal 0-1 dari Kroasia, Brasil mengamuk. Pasukan Luiz Felipe Scolari meningkatkan daya gedor serangan. Menit 16, Neymar punya peluang setelah menerima umpan dari Paulinho, tapi bola sepakan Neymar membentur bek Kroasia.

Menit 21 terjadi kemelut di depan gawang Kroasia. Pertama sepakan Paulinho bisa ditepis Pletikosa, kemudian bola muntah jatuh ke kaki Oscar yang juga masih bisa diamankan Pletikosa. Lalu bola jatuh ke kaki Marcelo yang memberikan bola ke Hulk. Namun sepakan kaki kiri Hulk melayang ke atas gawang.

Perjuangan Brasil berbuah hasil pada menit 29. Diawali serangan balik, Oscar memberi umpan akurat ke Neymar. Neymar melepas tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Pletikosa. 1-1 Brasil menyamakan kedudukan dan bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, awal pertandingan berjalan sedikit lamban. Kroasia bermain lebih rapat untuk mengamankan wilayah, Brasil seperti enggan terburu-buru untuk mencetak gol kedua.

Sulit membongkar pertahanan Kroasia, Scolari memasukkan Hernanes pada menit 63 dan Bernard pada menit 68 untuk menggantikan Paulinho dan Hulk. Masuknya Hernanes dan Bernard menghidupkan permainan Brasil.

Pada menit 69, Brasil mendapat hadiah penalti. Wasit Jepang Yuichi Nishimura memutuskan Dejan Lovren menjatuhkan Fred di kotak terlarang. Neymar bertugas sebagai eksekutor penalti dan bola sepakannya menjadi gol pada menit 71 yang membuat Brasil memimpin dengan skor 2-1.

Berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1, Brasil tidak mengendurkan serangan. Menit 77 Samba Brasil mendapat peluang melalui sundulan David Luiz, namun tandukan bek Chelsea masih meleset dari gawang.

Menjelang laga bubar, Brasil menambah kedudukan menjadi 3-1. Lagi-lagi gol Brasil berawal dari serangan balik yang cepat. Menerima umpan dari Ramires, sepakan Oscar dari luar kotak penalti tidak bisa ditangkap oleh Pletikosa.

 

Data Pertandingan

Brasil 3-1 Kroasia

Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo

Pencetak gol: Neymar (29, 71-pen), Oscar (90+1) - Marcelo (11-bd)

Kartu kuning: Neymar (27), Luiz Gustavo (87) - Corluka (65), Lovren (69)

Wasit: Yuichi Nishimura

Susunan pemain:

Brasil: 12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 8-Paulinho (18-Hernanes 63), 17-Luiz Gustavo; 7-Hulk (20-Bernard 68), 11-Oscar, 10-Neymar (16-Ramires 88); 9-Fred

Pelatih: Luis Felipe Scolari

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 11-Darijo Srna, 5-Vedran Corluka, 6-Dejan Lovren, 2-Sime Vrsaljko; 10-Luka Modric, 7-Ivan Rakitic; 4-Ivan Perisic, 20-Mateo Kovacic (14-Marcelo Brozovic 61), 18-Ivica Olic; 9-Nikica Jelavic (16-Ante Rebic 78)

Pelatih: Niko Kovac


Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kroasia #Neymar #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar