tag
Sepakbola
Keluarkan Keputusan Kontroversial

Kroasia Tuding Nishimura Tak Adil

Jumat, 13 Juni 2014 09:05 WIB
Pengamat berpikir bahwa Yuichi Nishimura telah melakukan 'penebusan dosa'.
  • Kroasia Tuding Nishimura Tak Adil
    Getty Images

    Penggawa Kroasia tak terima dengan tiga keputusan kontroversial Nishimura.

  • Kroasia Tuding Nishimura Tak Adil
    Getty Images
  • Kroasia Tuding Nishimura Tak Adil
  • Kroasia Tuding Nishimura Tak Adil
Jumat (13/06/14), Bek Kroasia, Dejan Lovren tak habis pikir dengan kepemimpinan wasit Yuichi Nishimura yang sangat menguntungkan tuan rumah Brasil.

Pengadil asal Jepang itu mengeluarkan keputusan-keputusan kontroversial yang merugikan Kroasia. Yang pertama saat Lovren dianggap melanggar Fred yang dari tayangan lambat terlihat melakukan diving.

Yang kedua saat Neymar lolos dari hukuman kartu merah saat menyikut rahang Luka Modric sesaat setelah bintang asal Barcelona itu menyamakan kedudukan. Sang wasit hanya menghukum Neymar dengan kartu kuning.

Tak berhenti sampai di situ, gol Ivan Perisic juga dianulir oleh  wasit berusia 42 tahun itu, karena menganggap sebelumnya Ivica Olic telah melanggar Julio Cesar.

"Saya sangat sedih,hingga ingin menangis. Kepemimpinan ini merupakan skandal bagi FIFA. Saya pikir kami telah bermain bagus untuk bersaing dengan 11 pemain Brasil, bukan 12," kata Lovren via surat kabar Prancis L'Equipe.

"FIFA berkoar-koar tentang respek, namun apa yang terjadi? Lebih baik trofi Piala Dunia langsung diberikan kepada Brasil," tambah dia.

Protes juga dilayangkan oleh pelatih Kroasia, Nico Kovac yang murka akibat keputusan Nishimura memberikan penalti untuk Brasil.

"Jika itu memang murni sebuah penalti, maka lebih kita berhenti bermain sepakbola. Lebih baik kita bermain bola basket saja," kata Kovac.

"Kami tak mendapat respek sama sekali. Jika memang begitu cara mereka menjalankan kompetisi ini, lebih baik kami menyerah sekarang juga dan langsung pulang," tambah dia.

Banyak yang berpikir bahwa keputusan-keputusan yang diambil Nishimura pada laga pembuka Grup A, merupakan "penebusa dosa" wasit terbaik J.League tahun 2009 dan 2010 itu.

Pada Piala Dunia Afrika Selatan, Nishimura mengusir Felipe Melo di menit ke 73 saat Brasil takluk dari Belanda dalam babak perempat final.

 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kroasia #Neymar #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar