tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Neymar Ikuti Rivaldo

Jumat, 13 Juni 2014 15:20 WIB
Neymar pemakai nomor 10 Brasil pertama yang cetak gol di Piala Dunia dalam 12 tahun.
  • Neymar Ikuti Rivaldo
    Zimbio/Mochammad Yogi Arham/INDOSPORT

    Neymar Jr mencetak dua gol pada laga pembuka Piala Dunia 2014.

Neymar Jr mencetak dua gol saat Brasil mengalahkan Kroasia 3-1 pada laga pembuka Piala Dunia 2014, Jumat (13/06/14). Neymar sukses mengakhiri rekor buruk pemilik nomor 10 Brasil di Piala Dunia.

Nomor 10 merupakan keramat, khususnya di tim nasional Brasil. Nama-nama besar seperti Pele, Zico, Rivelino, hingga Rivaldo pernah dipercaya memakai kostum bernomor 10 pada Piala Dunia.

Rivaldo pernah mengatakan, memakai nomor 10 memiliki beban tersendiri karena si pemakai mengetahui siapa saja yang pernah mengusung kostum ini di masa lalu. Nama seperti Pele dan Zico secara langsung maupun tak langsung menghadirkan tekanan.

Tak heran, setelah Rivaldo pada Piala Dunia 2002, tak ada pemakai nomor 10 Brasil pada Piala Dunia yang mencetak gol. Nomor 10 pun seakan menjadi kutukan bagi pemakainya. Tentu saja semua itu berakhir ketika Neymar mencetak gol ke gawang Kroasia pada menit ke-29.

Neymar menjadi pemakai kostum nomor 10 Brasil pertama yang mencetak gol di Piala Dunia dalam 12 tahun. Tak hanya itu, Neymar juga menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol pada laga pembukaan sejak 2006.

Catatan apik juga dicatat Brasil berkat kemenangan atas Kroasia. Itu merupakan kemenangan kesembilan Brasil pada pertandingan pertama di Piala Dunia secara beruntun. 

Di sisi lain, Brasil pun mengukir catatan kurang mentereng atas nama Marcelo. Bek Real Madrid itu menjadi pemain Brasil pertama yang membuat gol bunuh diri sepanjang sejarah Piala Dunia.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Neymar
  • comment
Artikel Terkait
Komentar