tag
Sepakbola
Spanyol 1-5 Belanda

Belanda Hancurkan Spanyol

Sabtu, 14 Juni 2014 04:11 WIB
Arjen Robben & Van Persie antar Belanda melibas Spanyol 5-1 di laga perdana Grup B.
  • Belanda Hancurkan Spanyol
    Getty Images

    Dua pencetak gol, Arjen Robben (kiri) dan Robin Van Persie (kanan) tersenyum merayakan kemenangan atas Spanyol di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/06/14) dini hari WIB.

  • Belanda Hancurkan Spanyol
    Getty Images

    Robin van Persie melakukan selebrasi gol dengan lompatan ke udara di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/06/14) dini hari WIB.

  • Belanda Hancurkan Spanyol
  • Belanda Hancurkan Spanyol
Belanda menghancurkan juara bertahan Piala Dunia, Spanyol 5-1 dalam pertandingan pertama Grup B pada Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/06/14) dini hari WIB.

Dendam kesumat Belanda kepada Spanyol akhirnya terbayar tuntas. Tim Oranye membantai tim Matador 5-1 dalam pertandingan pertama Grup B pada Piala Dunia Brasil 2014, di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/06/14) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, untuk sementara Belanda memimpin Grup B dengan perolehan tiga poin. Sedangkan Spanyol harus menerima kenyataan menjadi juru kunci Grup B.

Ketika wasit Italia, Nicola Rizzoli, meniup peluit tanda berlangsung pertandingan, Spanyol dan Belanda bermain sedikit lambat. Meskipun kedua tim memiliki pemain-pemain menyerang kelas dunia, tampaknya mereka masih meraba-raba permainan dari masing-masing lawan.

Baru menit kedelapan Wesley Sneijder mendapat peluang emas. Menerima umpan Arjen Robben, Sneijder lolos dari pengawalan bek Spanyol dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Iker Casillas. Namun tendangan kaki kanan pemain Galatasaray itu masih bisa diamankan oleh Casillas.

Satu menit kemudian giliran Spanyol yang melakukan serangan ke wilayah pertahanan Belanda. Tapi tendangan Andres Iniesta masih terlalu tinggi di atas mistar gawang. Sedangkan usaha Diego Costa masih bisa dimentahkan bek Belanda, Ron Vlaar.

Menit ke-15 pertarungan Sergio Busquets dan Nigel de Jong pada final Piala Dunia Afsel 2010 kembali terjadi. Kali ini de Jong yang melanggar, tapi akting berlebihan Busquets, yang meringis kesakitan, membuat Spanyol mendapat hadiah tendangan bebas.

Diego Costa tampaknya akan menjadi musuh baru fans Belanda, setelah dirinya terjatuh di dalam kotak penalti Belanda pada menit ke-26. Meskipun tidak disengaja, kaki Diego Costa yang tersangkut oleh Stefan de Vrij, membuat wasit menunjuk titik putih.

Sebagai eksekutor, Xabi Alonso berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Tendangan mendatar kaki kanan Alonso ke sisi kiri gawang tidak bisa ditangkap oleh kiper Belanda, Jasper Cillessen. 1-0 Spanyol memimpin.

Tertinggal Belanda tidak tinggal diam. Menit ke-35 tendangan de Jong dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap Casillas. Sedangkan menit ke-39, kesempatan van Persie untuk membuat gol gagal setelah terjebak perangkap offside.

Menit ke-44 Stadion Arena Fonte Nova kembali bergemuruh ketika gol spektakuler van Persie berhasil membuat Casillas tidak berdaya. Menerima umpan lambung Daley Blind, sundulan van Persie ke pojok kanan gawang hanya membuat Casillas berdiri diam tak berdaya. 1-1 Belanda menyamakan kedudukan.

Ketika babak kedua baru bergulir lima menit, Spanyol langsung meneror gawang Belanda. Sayangnya tendangan spekulasi Andres Iniesta, hasil umpan dari David Silva, masih bisa diamankan dengan baik oleh Cillessen.

Menit ke-53 Belanda membalikkan keadaan menjadi 2-1. Menerima umpan lambung dari Blind, Robben menahan bola dengan cantik sebelum mengecoh bek Spanyol dan melesatkan tembakan mendatar yang tidak bisa diamankan oleh Casillas.

Menit ke-60 van Persie hampir saja mencetak gol kedua sekaligus menambah keunggulan 3-1 untuk Belanda. Tapi setelah menerima umpan dari Daryl Janmaat, tendangan kaki kanan van Persie masih membentur tiang gawang Spanyol.

Empat menit kemudian, Belanda akhirnya benar-benar menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui gol dari Stefan de Vrij. Berawal dari tendangan bebas Sneijder, bola sebenarnya bisa dijangkau oleh Casillas, namun karena diganggu oleh van Persie, bola terlepas dan langsung disambar oleh de Vrij.

Unggul 3-1 tidak membuat Belanda berpuas diri. Menit ke-72 van Persie akhirnya mencetak gol kedua di Piala Dunia Brasil 2014 dan menambah keunggulan Belanda menjadi 4-1.

Robben benar-benar menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Spanyol. Menit ke-80 pemain sayap Bayern Muenchen itu membuat Casillas dan bek Spanyol seperti pemain amatir. Menerima umpan dari Sneijder, Robben berhasil memperdayai Casillas dan dua bek Spanyol.

Setelah mencetak gol kedua, Robben terus mengancam pertahanan Spanyol. Menit ke-87 Robben hampir saja membuat hattrick jika tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti tidak diamankan dengan baik oleh Casillas.

Dan hingga wasit Rizzoli meniup peluit panjang tidak ada lagi gol tecipta dan Belanda menutup pertandingan pembuka Grup B pada Piala Dunia Brasil dengan kemenangan 5-1 atas Spanyol.


Data Pertandingan

Spanyol 1-5 Belanda

Stadion Arena Fonte Nova, Salvador

Pencetak gol: Xabi Alonso (27-pen) - Robin van Persie (44, 72), Arjen Robben (53, 80), Stefan de Vrij (64)

Kartu kuning: Iker Casillas (65) - Jonathan de Guzman (25), Stefan de Vrij (41), Robin van Persie (66)

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)

Susunan Pemain

Spanyol: 1-Iker Casillas; 22-Cesar Azpilicueta, 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 18-Jordi Alba; 8-Xavi Hernandez, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso (11-Pedro Rodriguez 63); 21-David Silva (10-Cesc Fabregas 78), 19-Diego Costa (9-Fernando Torres 62), 6-Andres Iniesta

Pelatih: Vicente del Bosque

Belanda: 1-Jasper Cillessen; 7-Daryl Janmaat, 3-Stefan de Vrij (13-Joel Veltman 77), 2-Ron Vlaar, 4-Bruno Martins Indi, 5-Daley Blind; 8-Jonathan de Guzman (20-Georginio Wijnaldum 62), 10-Wesley Sneijder, 6-Nigel de Jong; 9-Robin van Persie (17-Jeremain Lens 79), 11-Arjen Robben

Pelatih: Louis van Gaal

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Spanyol
  • comment
Artikel Terkait
Komentar