tag
Sepakbola
Kolombia 3-0 Yunani

Kolombia Puncaki Grup C

Minggu, 15 Juni 2014 00:53 WIB
Kolombia kuasai Grup C usai kalahkan Yunani dengan skor 3-0.
  • Kolombia Puncaki Grup C
    Getty Images

    Kolombia bekuk Yunani dengan kemenangan 3-0 di Brasil.

Kolombia mengawali persaingan di Grup C Piala Dunia Brasil 2014 dengan kemenangan 3-0 atas Yunani di Stadion Mineirao, Belo Horizante, Brasil, Minggu (15/06/14) dini hari WIB. Hasil ini tempatkan Kolombia di puncak grup.

Pertandingan pembuka Grup C pada awalnya berjalan dalam tempo cepat begitu wasit Mark Geiger dari Amerika Serikat membunyikan peluit untuk pertama kali. Tak butuh waktu lama, stadion bergemuruh. Adalah Pablo Armero yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama pada menit kelima.

Gol Armero diawali umpan silang Juan Cuadrado ke kotak penalti. Tak mau menahan lama, James Rodriguez langsung mengirim bola ke Armero yang berdiri bebas hingga Armero melepas tendangan keras.

Meski bola sempat mengenai tubuh salah satu pemain Yunani, namun arah bola tetap ke mulut gawang dan menjebol gawang Yunani yang dijaga Karnezis.

Skor 1-0 membuat tensi pertandingan bertambah. Tak mau kalah, Yunani terus berusaha membalas. Salah satu peluang terbaik Yunani terjadi pada menit 28 saat sundulan Vassilis Torosidis memaksimalkan umpan tendangan bebas Jose Holebas masih melebar dari mulut gawang Kolombia.

Yunani kembali meraih kesempatan, kali ini giliran Panagiotis Kone. Sayang bola sepakan keras Kone dari jarak jauh masih bisa dimentahkan kiper Kolombia saat babak pertama menjelang penghabisan.

Peluang Kone tercatat sebagai salah satu kesempatan terbaik mengubah skor. Hingga 45 menit pertama berakhir, tidak ada gol tambahan tercipta. Kolombia tetap unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, alur dan ritme pertandingan tidak menurun. Yunani mengawali serangan saat Samaras menusuk kotak penalti hingga Samaras jatuh di petak terlarang. Wasit memutuskan tidak terjadi pelanggaran.

Kolombia membalas saat Rodriguez melepas serangan, namun bola masih ditepis kiper Yunani. Permainan makin menarik saat kedua tim silih berganti saling menyerang.

Stadion kembali bergemuruh pada menit 58 dan lagi-lagi karena aksi Kolombia. Kolombia menjauhkan diri saat Gutierrez memasukkan bola ke gawang Yunani meneruskan umpan dari Aguilar.

Dua kali kebobolan tak menyurutkan semangat Yunani. Hal ini terlihat dari beberapa aksi Yunani terus mencoba meraih gol balasan. Selain ketidakakuratan pemain Yunani , gawang Kolombia belum kebobolan berkat aksi kiper Ospina yang gemilang menjaga gawangnya.

Pergantian beberapa pemain di kedua kubu membuat situasi permainan sedikit menurun. Upaya Yunani meraih gol tidak berhenti. Klimaks hampir terjadi pada menit 84 saat Torosidis terlihat jatuh di kotak penalti, namun wasit menyatakan permainan terus berlangsung.

Giliran Kolombia kembali menekan saat Martinez mengancam gawang Yunani, namun tidak terjadi perubahan skor. Merasa dapat mempertahankan keunggulan, Kolombia memutuskan menurunkan tensi.

Beberapa kali kubu Kolombia sengaja menahan-nahan dan menggiring-giring bola untuk membuang-buang waktu pertandingan. Yunani terlihat lengah dan momen ini dimaksimalkan Kolombia untuk meraih gol ketiga.

Rodríguez menjadi pemain ketiga yang mencetak gol pada menit 90+3 setelah memasukkan bola ke gawang Yunani lewat sepakan kaki kiri yang terarah. Gol Rodríguez menjadi yang terakhir di pertandingan ini dan Kolombia menang dengan skor 3-0.

 

Data Pertandingan

Kolombia 3-0 Yunani

Stadion Mineirao, Belo Horizante

Pencetak gol: Armero (5), Gutierrez (58), Rodriguez (90+3)

Kartu kuning: Sanchez (52) - Papastathopoulos (55), Salpingidis (55)

Wasit: Mark Geiger (AS)
 

Susunan Pemain

Kolombia: Ospina; Yepes, Zapata, Armero (Arias 74), Zúñiga; Aguilar (Mejia 69), Sánchez, Cuadrado; Rodríguez, Ibarbo, Gutiérrez (Martinez 76).     

Pelatih: Jose Pekerman

Yunani: Karnezis; Holebas, Torosidis, Papastathopoulos, Manolas; Katsouranis, Kone (Karagounis), Maniatis, Salpingidis (Fetfatzidis 57); Samaras, Gekas (Mitroglou 64).     

Pelatih: Fernando Santos

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kolombia #Yunani
  • comment
Artikel Terkait
Komentar