tag
Sepakbola
Argentina 2-1 Bosnia-Herzegovina

Argentina Susah Payah Raih Kemenangan

Senin, 16 Juni 2014 07:15 WIB
Argentina meraih kemenangan tipis 2-1 atas Bosnia-Herzegovina dalam pertandingan Grup F.
  • Argentina Susah Payah Raih Kemenangan
    Getty Images

    Lionel Messi bawa Argentina meraih tiga poin perdana saat mengalahkan Bosnia-Herzegovina.

  • Argentina Susah Payah Raih Kemenangan
    Getty Images
  • Argentina Susah Payah Raih Kemenangan
  • Argentina Susah Payah Raih Kemenangan
Argentina menang tipis 2-1 atas Bosnia-Herzegovina dalam pertandingan Grup F pada Piala Dunia Brasil 2014, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (16/06/14) pagi WIB.

Melawan debutan Piala Dunia, Bosnia-Herzegovina, Argentina harus bekerja ekstra keras untuk bisa meraih tiga poin. Juara dua kali Piala Dunia itu hanya mampu menang 2-1 dalam pertandingan pertama Grup F.

Awalnya, Argentina terlihat akan meraih kemenangan dengan mudah ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Seisi Stadion Maracana bergemuruh, ketika bek Bosnia-Herzegovina, Sead Kolasinac, membuat gol bunuh diri. 1-0 Argentina membuka keunggulan.

Gol bunuh diri bek muda 20 tahun itu berawal dari tendangan bebas Lionel Messi. Sepakan Messi ke arah depan gawang Bosnia-Herzegovina, sempat mengenai kepala Marcos Rojo. Tapi bola tidak mengarah ke gawang melainkan ke arah Kolasinac, yang berada tepat di belakang Rojo. Maksud hati ingin membuang bola, namun bola malah meluncur ke dalam gawang kiper Asmir Begovic.

Unggul satu gol, Argentina kembali mendapat peluang untuk mencetak gol kedua dengan cepat. Tapi tendangan Angel di Maria dari luar kotak penalti masih bisa dibendung pemain belakang Bosnia-Herzegovina.

Menit ke-31 kemelut terjadi di daerah pertahan Bosnia-Herzegovina. Pertama, Maxi Rodriguez hampir saja mencetak gol jika tendangannya tidak melambung di atas mistar gawang. Sedangkan sepakan Javier Mascherano masih bisa diamankan Begovic.

Bosnia-Herzegovina bukannya tanpa perlawanan, menit ke-33 mereka mendapat peluang melalui Edin Dzeko. Namun tendangan pemain 28 tahun itu masih melayang di atas mistar gawang.

Jelang turun minum, Bosnia-Herzegovina kembali mengancam gawang Argentina. Kali ini melalui Senad Lulic pada menit ke-41. Tapi sundulan pemain Lazio itu masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper Argentina Sergio Romero.

Tidak lama kemudian Bosnia-Herzegovina kembali mendapat peluang, sayangnya tendangan Izet Hajrovic dari luar kotak penalti bisa ditepis Romero. Bola muntah jatuh ke kaki Kolasinac, yang kemudian diberikan kepada Muhamed Besic, tapi sekali lagi Bosnia-Herzegovina gagal membuat gol.

Hingga turun minum skor keunggulan 1-0 untuk Argentina pun tidak berubah.

Memasuki babak kedua, pelatih Argentina langsung melakukan dua pergantian pemain. Fernando Gago masuk menggantikan Hugo Campagnaro dan Gonzalo Higuain masuk menggantikan Maxi Rodriguez.

Meski begitu, Argentina sulit mengembangkan permainan pada awal babak kedua. Penyebabnya, Bosnia-Herzegovina tampil ngotot untuk membuat gol penyeimbang. Sayang tembakan spekulasi Hajrovic dari luar kotak penalti kembali bisa diamankan oleh Romero.

Bermain terbuka jelas membuat daerah pertahanan Bosnia-Herzegovina melemah. Akibatnya, Argentina berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-65 melalui pemain bintang mereka Messi. Memanfaatkan umpan Higuain, Messi melewati pemain belakang lawan sebelum tendangan mendatarnya menaklukan Begovic.

Namun tertinggal dua gol tidak membuat semangat pemain Bosnia-Herzegovina meredup. Menit ke 81 terjadi kemelut di depan gawang Argentina. Tapi sepakan dari Haris Medunjanin dan Miralem Pjanic masih bisa diblok para pemain bertahan tim Tango.

Hasil kerja keras Bosnia-Herzegovina akhirnya berbuah hasil pada menit ke 84, setelah pemain pengganti Vedad Ibisevic memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Gol berawal dari bola pantul Edin Visca, yang jatuh ke kaki Lulic. Lalu Lulis memberikan umpan terobosan kepada Ibisevic, yang berhasil memanfaatkannya menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Argentina untuk sementara memimpin Grup F dengan perolehan tiga poin. Sedangkan Bosnia-Herzegovina harus puas berada di urutan buncit dengan catatan poin nol. Sementara pertandingan Iran melawan Nigeria baru akan dimainkan Senin (16/06/14) malam WIB.


Data Pertandingan

Argentina 2-1 Bosnia-Herzegovina

Stadion Maracana, Rio de Janeiro

Pencetak gol: Sead Kolasinac (3-bd), Lionel Messi (65) - Vedad Ibisevic (84)

Kartu kuning: Marcos Rojo (25) - Emir Spahic (63)

Wasit: Joel Aguilar (El Salvador)


Susunan Pemain

Argentina: 1-Sergio Romero; 4-Pablo Zabaleta, 3-Hugo Campagnaro (5-Fernando Gago 45), 17-Federico Fernandez, 2-Ezequiel Garay, 16-Marcos Rojo; 11-Maxi Rodriguez (9-Gonzalo Higuain 45), 14-Javier Mascherano, 7-Angel di Maria; 10-Lionel Messi, 20-Sergio Aguero (6-Lucas Biglia 87)

Pelatih: Alejandro Sabella

Bosnia-Herzegovina: 1-Asmir Begovic; 13-Mensur Mujdza (9-Vedad Ibisevic 69), 3-Ermin Bicakcic, 4- , 5-Sead Kolasinac; 8-Miralem Pjanic, 7-Muhamed Besic; 20-Izet Hajrovic (19-Edin Visca 71), 10-Zvezdan Misimovic (18-Haris Medunjanin 74), 16-Senad Lulic; 11-Edin Dzeko

Pelatih: Safet Susic

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina #Bosnia-Herzegovina
  • comment
Artikel Terkait
Komentar