tag
Sepakbola
Preview Jerman Vs Portugal

Misi Balas Dendam Portugal di Laga ke-100 Jerman

Senin, 16 Juni 2014 07:49 WIB
Portugal berambisi meraih kemenangan atas Jerman demi menuntaskan misi balas dendam.
  • Misi Balas Dendam Portugal di Laga ke-100 Jerman
    Getty Images

    Timnas Portugal tengah melakukan sesi latihan untuk persiapan melawan Jerman.

  • Misi Balas Dendam Portugal di Laga ke-100 Jerman
    Muproni/INDOSPORT
  • Misi Balas Dendam Portugal di Laga ke-100 Jerman
  • Misi Balas Dendam Portugal di Laga ke-100 Jerman
Portugal berhasrat menumbangkan Jerman demi misi balas dendam pada laga perdana babak penyisihan Grup G yang akan berlangsung di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/06/14) malam WIB.

Laga big match ketiga di babak penyisihan Piala Dunia Brasil 2014 kembali digelar. Kali ini Timnas Portugal akan menantang Timnas Jerman, Senin (16/06/14) malam WIB di Arena Fonte Nova, Salvador.

Dari sejarah, Portugal tumbang di tiga pertemuan terakhir melawan Jerman. Namun kali ini, The Selecção das Quinas berambisi membalas dendam di laga ke-100 bagi Der Panzer sepanjang sejarah Piala Dunia.

Pada laga misi balas dendam ini, Portugal juga harus hati-hati, karena Mesut Oezil dan kawan kawan memiliki catatan positif. Jerman hanya mengalami kekalahan di 17 laga pembuka Piala Dunia saat takluk 2-1 dari Aljazair di tahun 1982 silam.

Namun kondisi Ronaldo yang kian pulih ditambah kemenangan meyakinkan 5-1 di laga uji coba terakhir melawan Irlandia, membuat anak asuh Paulo Bento lebih pede untuk misi balas dendam untuk mengalahkan Der Panzer.

Selain Ronaldo, kondisi terakhir bek Real Madrid, Pepe diperkirakan sudah pulih dan siap merumput. Trio lini depan, Silvestre Varela, Hugo Almeida dan Cristiano Ronaldo juga akan siap menusuk gawang Manuel Neuer.

Beralih ke kubu lawan, sang pelatih Jerman, Joachim Loew diperkirakan bakal waspada dengan ambisi Portugal. Dan dia pun akan menerapkan strategi penangkal serangan balik cepat trio penyerang Selecção das Quinas.

Jerman yang akan memainkan pertandingan ke-100 sepanjang sejarah Piala Dunia itu diperkirakan akan bermain cepat. Loew mengatakan, Der Panzer ingin menyerang dengan tempo cepat sejak menit awal guna menguras tenaga skuad Portugal di tengah cuaca panas Salvador.

Philipp lahm dan kawan-kawan sudah melakukan simulasi dalam keadaan cuaca panas di Salvador pada sesi latihan terakhir.

Namun penyerangan Die Mannschaft akan mengalami sedikit halangan setelah kondisi salah satu gelandang, Bastian Schweinsteiger, tidak terlalu fit. Kemungkinan Loew akan mendorong Lahm untuk menjadi duet Sami Khedira di lini tengah.

 

DATA DAN FAKTA

· Dari 18 laga penyisihan grup terakhir di Piala Dunia, Jerman hanya merasakan satu kali kekalahan saat melawan Serbia 0-1 pada 18 Juni 2010.

· Portugal sudah kalah di dua laga Piala Dunia melawan tim lainnya di Grup G: melawan Amerika Serikat di 2002 dan Jerman di 2006.

· Jerman selalu menang di 6 laga pembuka Piala Dunia. Terakhir kali Jerman gagal menang di laga pembuka terjadi pada tahun 1986.

· Jerman menorehkan gol terbanyak di babak penyisihan grup Piala Dunia Brasil 2014 dengan 36 gol.

· Portugal hanya meraih kemenangan sekali dari 7 laga terakhir mereka di Piala Dunia (7-0 melawan Korea Selatan di 2010), tiga lainnya menghasilkan skor imbang dan tiga laga mengalami kekalahan.

· Miroslav Klose saat ini menorehkan14 gol di Piala Dunia, hanya selisih satu dari bintang asal Brasil, Ronaldo yang masih menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 15 gol.

· Dari 17 pertemuan melawan Jerman, Portugal dapat menang sebanyak 3 kali (5 imbang dan 9 kalah),

· Laga perdana melawan Portugal di Piala Dunia 2014 menjadi laga ke-100 Jerman selama kompetisi di Piala Dunia.

 

PLAYER TO WATCH

MARIO GOTZE

Pemain Jerman yang dianggap akan bersinar di Piala Dunia Brasil 2014 adalah Mario Gotze. Pelatih Joachim Loew diperkirakan akan menurunkan gelandang serang asal Bayern Muenchen itu sebagai penyerang palsu saat melawan Portugal.

Pemain yang mencetak 10 gol dan delapan assist di Bundesliga pada musim 2013/2014 tersebut memiliki skill di atas rata-rata. Kemampuan dribel, passing, dan mencetak gol sudah tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan legenda Argentina, Diego Maradona menyebut jika Mario Gotze sebagai pemain bertalenta luar biasa yang bakal bersinar di Brasil.

“Jerman akan melangkah sangat jauh. Perhatikan pula Mario Gotze. Pemuda ini punya talenta yang luar biasa,” ujar Maradona.

Kemungkinan besar pemain berusia 22 tahun itu akan diturunkan Loew sebagai starter untuk melakukan penyerangan dalam tempo cepat yang diterapkan Der Panzer saat melawan Portugal nanti.

CRISTIANO RONALDO

Siapa yang tak mengenal sang kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Secara skill individu, bintang Real Madrid yang mengoleksi 48 gol untuk Los Blancos musim lalu ini tidak perlu diragukan lagi.

Namun permasalahan utama yang harus dihadapi pemain terbaik versi Ballon d’Or musim lalu itu adalah cedera lutut. CR7 beberapa waktu belakangan memang selalu diganggu oleh cederanya.

Jika benar-benar kondisi eks pemain Manhester United itu sudah fit 100 persen, melalui kecepatan individu dalam serangan balik cepat, Ronaldo berpotensi menjadi bencana besar bagi Jerman di pertandingan nanti.

 

5 LAGA TERAKHIR

JERMAN

20/11/13 Inggris 0 - 1 Jerman (Uji Coba)

06/03/14 Jerman 1 - 0 Chile (Uji Coba)

14/05/14 Jerman 0 - 0 Polandia (Uji Coba)

02/06/14 Jerman 2 - 2 Kamerun (Uji Coba)

07/06/14 Jerman 6 - 1 Armenia (Uji Coba)

PORTUGAL

20/11/13 Swedia 2 - 3 Portugal (Playoff PD)

06/03/14 Portugal 5 - 1 Kamerun (Uji Coba)

01/06/14 Portugal 0 - 0 Yunani (Uji Coba)

07/06/14 Meksiko 0 - 1 Portugal (Uji Coba)

11/06/14 Republik Irlandia 1 - 5 Portugal (Uji Coba)

 

PERKIRAAN FORMASI


Jerman (4-2-3-1): Neuer; Durm, Hummels, Mertesacker, Howedes; Lahm, Khedira; Podolski, Oezil, Mueller; Goetze.

Absen:  Bastian Schweinsteiger

Pelatih: Joachim Loew

Portugal (4-3-3): Patricio; Coentrao, Pepe, Alves, Pereira; Moutinho, Carvalho, Meireles; Ronaldo, Almeida, Varela.

Absen: -

Pelatih: Paulo Bento

 

PREDIKSI
Ladbrokes: 2,15 – 3,30 – 3,60
William Hill: 2,15 – 3,10 – 3,60
INDOSPORT: 35% - 35% - 30% 

 

*Jerman menang – seri – Portugal menang 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Jerman #Portugal
  • comment
Artikel Terkait
Komentar