tag
Sepakbola
Jerman Vs Portugal

Ronaldo Siap Tempur, Loew Siapkan Penangkal

Senin, 16 Juni 2014 15:04 WIB
Cristiano Ronaldo menyatakan dalam kondisi prima dan siap melawan Jerman.
  • Ronaldo Siap Tempur, Loew Siapkan Penangkal
    getty image

    Cristiano Ronaldo dalam kondisi fit menghadapi laga melawan Jerman, Senin (16/06/14).

Cristiano Ronaldo dalam kondisi 100 persen fit dan bertekad membalas kekalahan berturut dari Jerman. Ronaldo menyatakan ingin menjadi juara, dan mengalahkan Jerman jadi langkah pertama, Senin (16/06/14).

Menjelang laga melawan Jerman, kondisi andalan Portugal, Cristiano Ronaldo sempat meragukan. Pemain berusia 29 tahun bermasalah pada lutut dan paha belakangan. Namun pada latihan terakhir, Ronaldo sudah mengikuti latihan secara penuh.

"Saya telah berlatih selama beberapa hari dan itu tak mungkin saya lakukan jika cedera," kata pemain yang juga dikenal dengan sebutan CR7. "Saya ingin bermain 110 persen. Tapi saya dalam kondisi 100 persen. Saya siap membantu tim.”

“Sejak mengawali karier, saya tak pernah bermain tanpa rasa sakit. Hal ini hanya bagian dari kerja. Jika merasakan sesuatu, yang pasti tak akan saya rasakan saat bermain, saya mengambil risiko,” ujar Ronaldo. “Saya siap. Saya merasa baik. Saya tak perlu memberi bukti.”

Pulihnya Ronaldo tentu membuat kubu Portugal gembira. Namun, Ronaldo tak mau dianggap sebagai pemain penting yang sangat dibutuhkan Portugal. “Seorang pemain bukan sebuah tim. Saya tak bisa menanggung beban semua tim di pundak saya.” 

Pertandingan kontra Jerman yang akan berlangsung di Stadion Arena Fonte Nova merupakan kesempatan bagi Portugal membalaskan kekalahan di Piala Eropa 2012. Kala itu Portugal kalah 0-1. Jerman berhasil mengalahkan Portugal tiga kali dari empat pertemuan terakhir mereka di turnamen internasional.

"Saya berharap tahun ini merupakan tahun Portugal mengubah nasib melawan Jerman dan mungkin Senin malam, hal itu akan terjadi," kata dia. “Kami memiliki pemain bagus dan saya percaya kami akan menjalani Piala Dunia yang mengembirakan.”

Pulihnya Ronaldo jelas menjadi ancaman bagi Jerman.  Pelatih Jerman, Joachim Loew menyadari potensi bahaya Ronaldo. Meski dia mengaku tak akan fokus kepada Ronaldo seorang. “Dengan atau tanpa Ronaldo gaya bermain Portugal tidak akan jauh berbeda.”

Meski begitu, Loew menyatakan sudah mempelajari permainan Ronaldo bersama Portugal. Loew mengakui tak akan mudah menutup pergerakan penyerang Real Madrid. Berbekal beberapa rekaman pertandingan, Loew membuat beberapa catatan.
“Ingat, kami masih punya Jerome Boateng, dia yang pernah melakukan (mengawal Ronaldo) dengan baik. Itu yang akan coba kami terapkan kembali," terang Loew.

Boateng mampu memang sukses mengunci Ronaldo pada Piala Eropa 2012. Tanpa pergerakan Ronaldo, Portugal kesulitan membuat gol. "Kami juga punya Philipp Lahm. Jadi, mereka berdua akan menangani Ronaldo," tambah Loew.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Cristiano Ronaldo #Jerman #Philipp Lahm #Joachim Low
  • comment
Artikel Terkait
Komentar