tag
Sepakbola
Southampton Boyong Koeman

Koeman, Belanda Ketiga di Southampton

Selasa, 17 Juni 2014 05:30 WIB
Ronald Koeman menjadi manajer baru Southampton dengan kontrak tiga tahun.
  • Koeman, Belanda Ketiga di Southampton
    Getty Images

    Ronald Koeman.

Senin waktu setempat atau Selasa (17/06/14) WIB, Southampton resmi mendatangkan Ronald Koeman sebagai manajer baru dengan durasi kontrak selama tiga tahun. Koeman adalah manajer ketiga Belanda di St Mary's Stadium, markas Southampton.

Kepergian Mauricio Pochettino ke Tottenham Hotspur pada akhir Mei 2014 membuat posisi pelatih di Southampton lowong. Southampton yang tampil mengejutkan sepanjang Premier League 2013-2014 tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pelatih baru.

Tidak tanggung-tanggung, klub asal Hampshire itu mendatangkan legenda sepakbola Belanda Ronald Koeman. The Saints Southampton memboyong Koeman yang baru saja meninggalkan Feyenoord setelah Eredivisie Belanda 2013-2014 berakhir.

Koeman bukan pelatih Belanda pertama di St Mary's Stadium, markas Southampton. Sebelumnya ada Jan Poortvliet yang menjadi manajer atau pelatih Southampton pada periode Mei 2008 sampai Januari 2009. Kemudian Mark Wotte yang menggantikan Poortvliet sampai Juli 2009.

Prestasi Koeman sebagai pelatih tidak secemerlang saat menjadi jagoan menjaga lini pertahanan. Pelatih 51 tahun itu telah puasa dari gelar juara dalam empat musim terakhir. Koeman terakhir mengangkat trofi saat membawa AZ Alkmaar memenangkan Johan Cruijff Shield atau Piala Super Belanda.

Terbang ke Inggris, Koeman berbekal kesuksesan membawa Ajax dua kali juara Eredivisie dan satu Piala Belanda. Koeman juga pernah membawa PSV juara Eredivisie dan mempersembahkan juara Copa del Rey (Piala Raja) Spanyol kepada Valencia.

Tugas Koeman di Southampton tidak mudah karena Koeman dituntut mempersembahkan kinerja yang lebih baik dari Pochettino saat membawa Southampton menjadi salah satu tim kuda hitam di Premier League dan merebut posisi kedelapan Liga Inggris.


Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Bursa Transfer #Premier League #Southampton #Ronald Koeman
  • comment
Artikel Terkait
Komentar