tag
Sepakbola
Jerman 4-0 Portugal

Mueller Pimpin Jerman Sikat Portugal

Selasa, 17 Juni 2014 01:04 WIB
Hat-trick Thomas Mueller antar Jerman permalukan 10 pemain Portugal empat gol tanpa balas.
  • Mueller Pimpin Jerman Sikat Portugal
    gettyimages

    Thomas Mueller mencetak gol keempat untuk tim Jerman sekaligus menorehkan hatt-rick di laga Perdana Grup G, antara Jerman vs Portugal di Arena Fonte Nova, Selasa, 16 Juni 2014 di Salvador.

  • Mueller Pimpin Jerman Sikat Portugal
    http://www.fifa.com
  • Mueller Pimpin Jerman Sikat Portugal
  • Mueller Pimpin Jerman Sikat Portugal
Thomas Mueller mencetak hat-trick saat Jerman membantai Portugal 4-0 dalam pertandingan pertama Grup G pada Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/06/14) waktu setempat atau Selasa (17/06/14) WIB.

Portugal boleh saja memiliki pemain terbaik di dunia Cristiano Ronaldo. Tapi pada turnamen sekelas Piala Dunia, mental dan kolektivitas permainan tim menjadi kunci utama untuk meraih kemenangan atau bahkan menjadi juara.

Hal itu jelas terpampang ketika Jerman menghancurkan Portugal 3-0 dalam pertandingan pertama Grup G pada Piala Dunia Brasil 2014, di Stadion Arena Fonte Nova, Selasa (17/06/14) WIB. Tim Panser masih terlalu perkasa dan terlihat seperti mengajarkan Portugal bagaimana cara bermain sepakbola.

Pertandingan baru berjalan, tim asuhan Joachim Loew lebih memilih bersabar untuk melancarkan serangan. Sedangkan skuad besutan Paulo Bento, langsung menerapkan serangan sporadis ke daerah pertahanan Jerman.

Laga baru berjalan lima menit, memanfaatkan umpan dari Ronaldo, Hugo Almeida melepaskan tendangan keras. Tapi bola mampu ditepis kiper Jerman Manuel Neuer. Bola muntah jatuh ke kaki Fabio Coentrao, yang kemudian memberikan kepada Ronaldo, tapi lagi-lagi tembakannya masih melayang di atas gawang.

Dua menit berselang, Ronaldo kembali mengancam gawang Jerman. Namun, sepakannya hasil umpan dari Miguel Veloso, masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Neuer.

Kesabaran Jerman akhirnya berbuah hasil pada menit ke-12 ketika Muller mencetak gol melalui titik putih. Jerman mendapat hadiah penalti ketika Mario Goetze dilanggar oleh Joao Pereira di dalam kotak terlarang.

Unggul 1-0, Jerman tetap bermain sabar dan membiarkan Portugal untuk bermain terbuka. Namun, tim Panser mulai bermain menyerang ketika Portugal harus rela bermain dengan 10 pemain pada menit ke-37. Wasit mengusir Pepe dari lapangan setelah mengasari Mueller.

Bermain dengan 10 pemain Portugal semakin tidak berdaya menghadapi gempuran Jerman. Pada menit ke-32 Jerman menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat gol dari Mats Hummels. Menerima umpan dari sepakan pojok Toni Kroos, sundulan Hummels merobek jala Portugal, yang dijaga oleh kiper Rui Patricio.

Tertinggal dua gol mental pemain Portugal semakin anjlok. Jelang turun minum, Jerman kembali menggetarkan gawang Portugal melalui sepakan Mueller. Jerman pun menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Mueller tampaknya menjadi mimpi buruk bagi Portugal setelah pemain Bayern Muenchen itu melengkapi kemenangan Jerman dengan mencetak hattrick pada menit ke-78. Memanfaatkan bola muntah Philipp Lahm, sepakan Mueller dari jarak dekat kembali menggetarkan gawang Portugal.

Tiga gol yang dibukukan Mueller ke gawang Portugal menambah pundi-pundi gol pemain 24 tahun itu di Piala Dunia menjadi delapan gol, tertinggal enam gol dari Gerd Mueller dan Miroslav Klose. Hat-trick ini juga menjadikan Mueller menjadi top scorer sementara Piala Dunia Brasil 2014.

Gol ketiga dari Mueller sekaligus menutup pertandingan dengan skor 4-0 untuk Jerman. Dengan kemenangan ini Jerman untuk sementar memimpin klasemen Grup G dengan catatan tiga poin, sedangkan Portugal harus puas mendekam di dasar klasemen.


Jerman 4-0 Portugal

Stadion Arena Fonte Nova, Salvador

Pencetak gol: Thomas Mueller (12-pen, 45+1, 78), Mats Hummels (32)

Kartu kuning: Joao Pereira (11)

Kartu merah: Pepe (37)

Wasit: Milorad Mazic (Serbia)


Susunan Pemain

Jerman: 1-Manuel Neuer; 20-Jerome Boateng, 17-Per Mertesacker, 5-Mats Hummels (21-Shkodran Mustafi 73), 4-Beneikt Howedes; 6-Sami Khedira, 16-Philipp Lahm, 18-Toni Kroos; 8-Mesut Oezil (9-Andre Schurrle 63), 13-Thomas Mueller (10-Lukas Podolski 82), 19-Mario Goetze

Pelatih: Joachim Loew

Portugal: 12-Rui Patricio; 21-Joao Pereira, 3-Pepe, 2-Bruno Alves, 5-Fabio Coentrao (19-Andre Almeida 65); 8-Joao Moutinho, 4-Miguel Veloso (13-Ricardo Costa 45), 16-Raul Meireles; 17-Nani, 9-Hugo Almeida (11-Eder 28), 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Paulo Bento

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Jerman #Portugal
  • comment
Artikel Terkait
Komentar