tag
Sepakbola
Australia 2-3 Belanda

Belanda Paling Berpeluang Lolos

Kamis, 19 Juni 2014 01:29 WIB
Belanda lolos ke babak 16 besar usai menang 3-2 atas Australia.
  • Belanda Paling Berpeluang Lolos
    Getty Images

    Belanda menang 3-2 atas Australia di Piala Dunia Brasil 2014.

  • Belanda Paling Berpeluang Lolos
    Getty Images

    Belanda menjadi kandidat terkuat lolos dari Grup B.

  • Belanda Paling Berpeluang Lolos
  • Belanda Paling Berpeluang Lolos
Belanda hampir pasti merebut satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 setelah mengalahkan Australia 3-2 dalam pertandingan kedua Grup B di Stadion Beira-Rio, Porto Alegre, Kamis (19/06/14) dini hari WIB.

Tim Oranye, julukan Belanda, menjadi tim pertama yang terdepan melaju ke sistem gugur usai mengalahkan Australia 3-2. Demikian juga dengan Australia yang sebagai tim pertama yang paling besar gagal bertahan di Piala Dunia 2014.

Peluang skuad Louis van Gaal melaju ke babak 16 besar membesar setelah mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan. Hasil pertandingan antara Chile dan Spanyol membuat Belanda masih unggul atas Spanyol dalam hitungan selisih gol dan head to head atas Spanyol berkat kemenangan 5-1 Belanda atas Spanyol.

Jika Spanyol menang dari Chile, kemudian Spanyol kembali menang dari Australia dalam pertandingan terakhir, dan Belanda kalah dari Chile dalam pertandingan terakhir, maka Belanda, Chile dan Spanyol akan sama-sama mengumpulkan enam poin. Jadi aturan head to head ketiga tim akan digunakan.

Australia hampir pasti menjadi tim pertama angkat koper setelah pertandingan terakhir fase grup berakhir. Meskipun tim Kanguru berhasil mengalahkan Spanyol, poin skuad besutan Ange Postecoglou tidak cukup besar lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Pada pertandingan melawan Australia, Belanda terlihat akan bisa mudah meraih kemenangan setelah unggul pada menit ke-20. Berawal dari serangan balik, memanfaatkan umpan sundulan dari Daley Blind, Arjen Robben yang berlari cepat dari tengah lapangan sukses membuat kiper Australia Maty Ryan tidak berdaya. 1-0 Belanda unggul.

Keunggulan Belanda tidak bertahan lama setelah Tim Cahill menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-21. Menerima umpan dari Ryan McGowan, Cahill yang berdiri bebas tanpa pengawalan melepas tendangan cantik ke gawang Jasper Cillessen.

Pada babak kedua Australia membuat kejutan dengan membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-54. Gol kedua Australia dibukukan oleh Mile Jedinak melalui titik 12 pas. Hadiah penalti didapat Australia setelah Daryl Janmaat dianggap hand ball oleh wasit.

Tapi empat menit berselang Belanda menunjukkan identitasnya dengan mencetak gol penyeimbang menjadi 2-2. Kapten Robin van Persie yang membuat gol penyeimbang Belanda. Mendapat umpan terobosan dari Memphis Depay, sontekan kaki kiri van Persie tidak bisa dijangkau Ryan.

Belanda akhirnya memperoleh gol kemenangan mereka pada menit ke-68 berkat gol pemain pengganti Depay. Menerima umpan dari Jonathan de Guzman, sepakan keras kaki kanan Depay dari luar kotak penalti tidak bisa diamankan oleh Ryan. Belanda menutup laga dengan kemenangan 3-2.


Data Pertandingan

Australia 2-3 Belanda

Stadion Beira-Rio, Porto Alegre

Pencetak gol: Tim Cahill (21), Mile Jedinak (54-pen) - Arjen Robben (20), Robin van Persie (58), Memphis Depay (68)

Kartu kuning: Tim Cahill (43) - Robin van Persie (47)

Wasit: Djamel Haimoudi (Aljazair)

 

Susunan Pemain

Australia: 1-Maty Ryan; 3-Jason Davidson, 6-Matthew Spiranovic, 19-Ryan McGowan, 22-Alex Wilkinson; 7-Mathew Leckie, 11-Tommy Oar (9-Adam Taggart 77), 15-Mile Jedinak, 17-Matt McKay, 23-Mark Bresciano (13-Oliver Bozanic 51); 4-Tim Cahill (10-Ben Halloran 68)

Pelatih: Ange Postecoglou

Belanda: 1-Jasper Cillessen; 2-Ron Vlaar, 3-Stefan de Vrij, 4-Bruno Martins Indi (21-Memphis Depay 45); 5-Daley Blind, 6-Nigel de Jong, 7-Daryl Janmaat, 8-Jonathan de Guzman (20-Georginio Wijnaldum 78), 10-Wesley Sneijder; 9-Robin van Persie (17-Jeremain Lens 87), 11-Arjen Robben

Pelatih: Louis van Gaal

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Australia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar