tag
Sepakbola
Spanyol 0-2 Chile

Chile Singkirkan Sang Juara

Kamis, 19 Juni 2014 04:12 WIB
Spanyol dipastikan tersingkir dari Piala Dunia Brasil 2014 usai kalah 0-2 dari Chile.
  • Chile Singkirkan Sang Juara
    Getty Images

    Spanyol kalah 0-2 dari Chile di partai kedua Grup B Piala Dunia 2014.

  • Chile Singkirkan Sang Juara
    Getty Images

    Spanyol ikuti jejak Prancis dan Italia sebagai juara bertahan Piala Dunia yang tersingkir di penyisihan grup.

  • Chile Singkirkan Sang Juara
  • Chile Singkirkan Sang Juara
Juara bertahan Spanyol dipastikan tersingkir dari Piala Dunia Brasil 2014 usai kalah 0-2 dari Chile dalam pertandingan kedua Grup B di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Kamis (19/06/14) dini hari WIB.

Ketika wasit Mark Geiger meniup peluit panjang wajah lesu menghiasi pemain Spanyol. Juara bertahan Piala Dunia dipastikan gagal lolos dari fase grup usai menelan kekalahan 0-2 dari Chile dalam pertandingan kedua Grup B.

Kapten Iker Casillas masih geleng-geleng kepala karena tidak percaya gawangnya kembali kebobolan dengan mudah. Sebelumnya gawang kiper 33 tahun itu dihantam lima gol saat Spanyol kalah 1-5 dari Belanda dalam laga pembuka.

Penyerang naturalisasi Diego Costa hanya termenung diam di bangku cadangan Spanyol usai digantikan Fernando Torres pada menit 64. Striker kelahiran Brasil itu tampak berpikir apakah keputusannya memilih Spanyol untuk Piala Dunia 2014 sebagai keputusan tepat.

Spanyol bukan juara bertahan pertama yang harus tersingkir dalam fase grup Piala Dunia. Prancis dan Italia pernah mengalami. Prancis sebagai Juara Dunia 1998 gagal lolos fase grup Piala Dunia 2002 dan Italia menyandang Juara Dunia 2006 gagal di penyisihan grup Piala Dunia 2010.

Selama 90 menit pertandingan Spanyol lebih mendominasi ketimbang Chile. Tim Matador mencatat 63 persen pengusaan bola, namun Chile lebih efektif. Dari 16 peluang dan enam tembakan ke gawang, Spanyol gagal membuat gol. Chile dari empat tembakan ke gawang berhasil membuat dua gol.

Mimpi buruk Spanyol berawal ketika Eduardo Vargas membawa Chile unggul 1-0 pada menit ke-19. Gol berawal dari Alexis Sanchez yang mendapatkan bola dari kesalahan Xabi Alonso, kemudian memainkan bola satu dua dengan Arturo Vidal sebelum memberi bola ke Charles Aranguiz.

Mendapat bola Aranguiz menusuk sisi kiri pertahanan Spanyol dan melepas bola ke depan gawang Spanyol. Bola berhasil didapat Vargas yang berhasil memperdayai kiper Iker Casillas sebelum menggetarkan gawang Spanyol.

Dua menit sebelum turun minum, fans Chile di Stadion Maracana kembali bersorak. Aranguiz menambah keunggulan Chile menjadi 2-0 usai memanfaatkan kesalahan Casillas mengantisipasi tendangan bebas Sanchez. Tanpa kesulitan Aranguiz melepas bola lewat tendangan kaki kanan untuk menjebol gawang Spanyol.

Pada babak kedua Spanyol memiliki banyak peluang untuk menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan. Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-0 untuk Chile tidak berubah hingga laga bubar.


Data Pertandingan

Stadion Maracana, Rio de Janeiro

Pencetak gol: Eduardo Vargas (19), Charles Aranguiz (43)

Kartu kuning: Xabi Alonso (40) - Arturo Vidal (26), Eugenio Mena (61)

Wasit: Mark Geiger (Amerika Serikat)


Susunan Pemain

Spanyol: 1-Iker Casillas; 22-Cesar Azpilicueta, 4-Javi Martinez, 15-Sergio Ramos, 18-Jordi Alba; 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso (17-Koke 45); 11-Pedro Rodriguez (20-Santiago Cazorla 76), 21-David Silva, 6-Andres Iniesta; Diego Costa (9-Fernando Torres 64)

Pelatih: Vicente del Bosque

Chile: 1-Claudio Bravo; 5-Francisco Silva, 17-Gary Medel, Gonzalo Jara; 4-Mauricio Isla, 20-Charles Aranguiz (16-Felipe Gutierrez 64), 21-Marcelo Diaz, 2-Eugenio Mena; 8-Arturo Vidal (6-Carlos Carmona 88); 7-Alexis Sanchez, 11-Eduardo Vargas (10-Jorge Valdivia 85)

Pelatih: Jorge Sampaoli

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Spanyol #Chile
  • comment
Artikel Terkait
Komentar