tag
Sepakbola
Jepang 0-0 Yunani

10 Pemain Yunani Imbangi Jepang

Jumat, 20 Juni 2014 07:19 WIB
Jepang gagal mengalahkan Yunani yang hanya bermain dengan 10 pemain.
  • 10 Pemain Yunani Imbangi Jepang
    Getty Images

    Yunani dan Jepang harus puas berbagi angka 0-0 dalam laga kedua Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Arena das Dunas, Natal, Kamis (19/06/14) waktu Brasil.

  • 10 Pemain Yunani Imbangi Jepang
    GETTY IMAGES

    Yoshito Okubo (Jepang) tertahan Sokratis Papastathopoulos (Yunani) dalam laga kedua Grup C Piala Dunia Brasil 2014 di Arena das Dunas, Natal, Kamis (19/06/14).

  • 10 Pemain Yunani Imbangi Jepang
  • 10 Pemain Yunani Imbangi Jepang
Jepang hanya bermain imbang 0-0 dengan Yunani dalam pertandingan kedua Grup C pada Piala Dunia Brasil 2014, di Stadion Arena das Dunas, Natal, Jumat (20/06/14) pagi WIB. Padahal Yunani bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-38.

Jepang dan Yunani harap-harap cemas setelah bermain imbang 0-0 pada pertandingan kedua Grup C pada Piala Dunia Brasil 2014. Hasil ini membuat langkah kedua tim semakin berat untuk lolos ke babak 16 besar.

Meskipun Jepang dan Yunani baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan, kedua tim masih berpeluang untuk mendapatkan satu tiket ke babak sistem gugur. Syaratnya, Jepang harus mengalahkan Kolombia dan Yunani mengalahkan Pantai Gading pada laga terakhir. Sedangkan Yunani, selain harus menang dari Pantai Gading, Kolombia harus mengalahkan Jepang.

Babak pertama dimulai, kedua tim sama-sama menerapkan permainan menyerang. Sebab, siapa yang kalah akan dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar. Menit kedua tendangan spekulasi Hotaru Yamaguchi hampir saja menjebol gawang Yunani. Sedangkan sepakan Kostas Mitroglou pada menit kesembilan masih bisa diblok bek Jepang.

Menit ke-11 Yunani mendapat kesempatan emas melalu kaki Panagiotis Kone. Memanfaatkan umpan Ioannis Fetfatzidis, sepakan Kone dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper Jepang Eiji Kawashima.

Tidak mau kalah, Jepang membalas pada menit ke-19. Memanfaatkan umpan dari Yoshito Okubo tendangan kaki kiri Yuya Osako dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi kiper Yunani Orestis Karnezis.

Pada pertengahan babak pertama dewi fortuna tampaknya tidak berpihak kepada Yunani. Ketika Kostas Mitroglou mengalami cedera dan harus digantikan oleh Theofanis Gekas pada menit ke-35, Yunani harus bermain dengan 10 pemain usai Konstantinos Katsouranis diganjar kartu merah.

Wasit El Salvador, Joel Aguilar, memberikan kartu kuning kedua kepada kapten Yunani, Katsouranis, karena melanggar Makoto Hasebe pada menit ke-38. Sebelumnya Katsouranis mendapat kartu kuning pertama karena melanggar Osako pada menit ke-27.

Namun meskipun unggul pemain, Jepang gagal membuat gol ke gawang Yunani. Dan skor imbang 0-0 menghiasi papan skor hingga turun minum.

Pada babak kedua, Jepang benar-benar memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Skuad besutan Alberto Zaccheroni itu mendominasi 45 menit paruh kedua dengan mencatat 75 persen penguasaan bola. Sayang, meskipun membuat 18 tembakan dan empat tendangan ke gawang, tidak ada satu gol pun yang tercipta.

Babak kedua, Jepang benar-benar mengurung Yunani. Namun rapatnya barisan pertahanan tim asuhan Fernando Santos membuat Keisuke Honda dan kawan-kawan kesulitan menciptakan peluang. Walhasil Jepang mencoba melalui tendangan jarak jauh.

Menit ke-56 pemain pengganti Yasuhito Endo mencoba tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun sepakan kaki kanannya masih bisa diblok bek Yunani.

Guna mempertajam serangan tim, Jepang memainkan Shinji Kagawa untuk menggantikan Osako pada menit ke-57. Tapi gelandang Manchester United itu tidak memberikan kontribusi besar kepada tim.

Jepang kembali mengandalkan tendangan-tendangan jarak jauh pada menit ke-77. Menerima umpan Endo, sepakan dari luar kotak penalti Yoshito Okubo masih bisa diamankan Karnezis. Sedangkan tendangan jarak jauh Endo pada menit ke-90 juga masih bisa ditangkap Karnezis. Skor 0-0 pun tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.


Data Pertandingan

Jepang 0-0 Yunani

Stadion Arena das Dunas, Natal

Pencetak gol: -

Kartu kuning: Makoto Hasebe (12) - Konstantinos Katsouranis (27, 38), Georgios Samaras (54), Vasilis Torosidis (88)

Kartu merah: Konstantinos Katsouranis (38)

Wasit: Joel Aguilar (El Salvador)


Susunan Pemain

Jepang: 1-Eiji Kawashima; 2-Atsuto Uchida, 15-Yasuyuki Konno, 22-Maya Yoshida, 5-Yuto Nagatomo; 17-Makoto Hasebe (7-Yasuhito Endo 45), 16-Hotaru Yamaguchi; 9-Shinji Okazaki, 4-Keisuke Honda, 13-Yoshito Okubo; 18-Yuya Osako (10-Shinji Kagawa 57)

Pelatih: Alberto Zaccheroni

Yunani: 1-Orestis Karnezis; 15-Vasileios Torosidis, 4-Kostas Manolas, 19-Sokratis Papastathopoulos, 20-Jose Holebas; 2-Ioannis Maniatis, 21-Konstantinos Katsouranis, 8-Panagiotis Kone (14-Dimitrios Salpingidis 81); 18-Ioannis Fetfatzidis (10-Giorgos Karagounis 42), 9-Kostas Mitroglou (17-Theofanis Gekas 35), 7-Georgios Samaras

Pelatih: Fernando Santos

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Yunani #Jepang
  • comment
Artikel Terkait
Komentar