tag
Sepakbola
Uruguay 2-1 Inggris

Suarez Kubur Mimpi Inggris

Jumat, 20 Juni 2014 04:16 WIB
Luis Suarez mencetak dua gol untuk bawa Uruguay membungkam Inggris 2-1.
  • Suarez Kubur Mimpi Inggris
    Getty Images

    Luis Suarez luapkan kegembiraan usai jebol gawang Inggris.

  • Suarez Kubur Mimpi Inggris
    Eli Suhaeli-INDOSPORT-Getty Images

    Luis Suarez (kiri) menghibur Steven Gerrard usai duel di Piala Dunia 2014

  • Suarez Kubur Mimpi Inggris
  • Suarez Kubur Mimpi Inggris
Dua gol Luis Suarez membawa Uruguay membungkam Inggris dengan skor 2-1 dalam pertandingan kedua Grup D Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Arena Corinthians, Jumat (20/06/14) dini hari WIB. Gol Suarez sekaligus tempatkan Inggris di titik kritis.

Ketika wasit Spanyol Carlos Velasco Carballo meniup peluit panjang tanda laga usai, Luis Suarez diarak ke lapangan oleh rekan-rekannya. Suarez menjadi bintang kemenangan 2-1 Uruguay atas Inggris.

Biasannya rekan Suarez di Liverpool, yaitu Steven Gerrard, Glen Johnson, Daniel Sturridge dan Raheem Sterling bersorak ria ketika Suarez mengukir gol. Kali ini di Brasil, raut kekesalan dan kekecewaan terpampang jelas di wajah rekan Suarez di Liverpool.

Ketika laga bubar, Gerrard terlihat enggan berlama-lama dengan Suarez. Mereka berdua hanya berjabat tangan dan merangkul dalam waktu yang sangat singkat. Suarez membuat Gerrard sedih karena membobol gawang Inggris dua kali yang membuat Inggris paling berpeluang tersingkir dari Grup D.

Dengan kemenangan 2-1 atas Inggris, Uruguay menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Uruguay untuk sementara berada di posisi ketiga dengan tiga poin dari dua laga, Inggris menjadi jurukunci tanpa satu angka.

Kewajiban meraih kemenangan membuat Uruguay dan Inggris mengawali pertandingan dengan hati-hati. Kedua tim menahan diri untuk bermain terbuka dan menyerang yang membuat pertandingan berjalan lambat.

Perlahan kedua tim meraba-raba strategi permainan lawan. Menit ke-15 gelandang Uruguay Cristian Rodriguez melepas tendangan spekulasi, tapi bola masih melayang di atas mistar gawang. Sedang bola sepakan striker Inggris Daniel Sturridge masih membentur bek lawan.

Menit ke-31 Inggris mengancam gawang Uruguay melalui Wayne Rooney. Menerima umpan tendangan bebas Steven Gerrard, bola sundulan Rooney dari jarak dekat masih bisa diamankan kiper Uruguay Fernando Muslera.

Menit ke-39 fans Uruguay membuat Stadion Arena Corinthians bergemuruh. Luis Suarez membawa La Celeste unggul 1-0. Menerima umpan chip dari Edinson Cavani, sundulan pemain 27 tahun itu tidak bisa dijangkau tangan kiper Inggris Joe Hart.

Tertinggal pada babak pertama, Inggris berusaha bangkit pada babak kedua. Menit ke-54 Rooney kembali membuat pertahanan Uruguay ketar-ketir. Sayang bola tendangan kaki kirinya hasil umpan silang Leighton Baines masih bisa diantisipasi Muslera.

Inggris tidak menyerah. Menit ke-59 giliran Jordan Henderson yang membuat Muslera bekerja keras. Tapi sepakan jarak jauh gelandang Liverpool masih bisa diamankan dengan baik oleh Muslera.

Gol yang dinanti-nantikan Inggris tercipta pada menit ke-75 saat Rooney membuat skor menjadi imbang 1-1. Memanfaatkan umpan dari Glen Johnson di sektor kanan, sontekan Rooney yang lolos dari penjagaan bek Uruguay menekuk kiper Muslera.

Pada menit ke-84 Suarez benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Inggris. Penyerang yang absen saat Uruguay kalah 1-3 dari Kosta Rika itu kembali menggetarkan gawang Inggris setelah sepakan keras kaki kanannya tidak bisa dibendung Hart.

Unggul 2-1, Uruguay bermain bertahan dengan memasukkan pemain bertahan Sebastian Coates menggantikan Suarez. Uruguay menutup pertandingan dengan skor kemenangan 2-1.


Data Pertandingan

Uruguay 2-1 Inggris

Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo

Pencetak gol: Wayne Rooney (75) - Luis Suarez (39, 84)

Kartu kuning: Steven Gerrard (68) - Diego Godin (9)

Wasit: Carlos Velasco Carballo (Spanyol)


Susunan Pemain

Uruguay: 1-Fernando Muslera; 22-Martin Caceres, 3-Diego Godin, 13-Jose Gimenez, 6-Alvaro Pereira; 20-Alvaro Gonzalez (4-Jorge Fucile 78), 17-Egidio Arevalo Rios, 7-Cristian Rodriguez; 14-Nicolas Lodeiro (11-Christian Stuani 67); 9-Luis Suarez (19-Sebastian Coates 88), 21-Edinson Cavani

Pelatih: Oscar Tabarez

Inggris: 1-Joe Hart; 2-Glen Johnson, 6-Phil Jagielka, 5-Gary Cahill, 3-Leighton Baines; 14-Jordan Henderson (18-Rickie Lambert 87), 4-Steven Gerrard; 19-Raheem Sterling (21-Ross Barkley 64), 10-Wayne Rooney, 11-Danny Welbeck (20-Adam Lallana 71); 9-Daniel Sturridge

Pelatih: Roy Hodgson

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Uruguay #Inggris
  • comment
Artikel Terkait
Komentar