tag
Sepakbola
Gagal di Piala Dunia Brasil 2014

10 Calon Penyelamat Spanyol di Rusia

Sabtu, 21 Juni 2014 00:30 WIB
Pemain-pemain muda diharapkan kembali mengharumkan nama Spanyol di Piala Dunia 2018.
  • 10 Calon Penyelamat Spanyol di Rusia
    Eli Suhaeli-INDOSPORT-Getty Images

    Tim Spanyol yang berlaga di Piala Dunia Brasil 2014.

  • 10 Calon Penyelamat Spanyol di Rusia
    Getty Images/INDOSPORT

    David de Gea (kiri), Koke (kedua dari kiri), Isco (tengah), Alvaro Morata (kedua dari kanan), dan Inigo Martinez. Masa depan Spanyol di tangan mereka.

  • 10 Calon Penyelamat Spanyol di Rusia
  • 10 Calon Penyelamat Spanyol di Rusia
Spanyol gagal total pada Piala Dunia Brasil 2014. Tapi hasil buruk itu bukan akhir dari segalanya, La Furia Roja masih memiliki segudang darah muda berbakat yang siap mengembalikan nama besar Spanyol di Piala Dunia Rusia 2018.

Kaki lunglai berat untuk melangkah ke luar lapangan dan kepala tunduk menahan malu dari cemoohan para fans. Gestur ditunjukkan pemain Spanyol sebagai Juara Dunia 2010 usai dikalahkan Chile 0-2 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Kamis (19/06/14) dini hari WIB, dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala Dunia Brasil 2014.

Kekalahan tersebut membuat La Furia Roja Spanyol dipastikan gagal melangkah ke babak sistem gugur Piala Dunia 2014. Spanyol menelan kekalahan 1-5 dari Belanda pada pertandingan pertama grup. Berikutnya, meskipun sudah tidak menentukan, Spanyol akan bersua Australia.

Banyak yang menilai kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2014 karena sudah tidak efektifnya dari gaya bermain tiki taka. Menurut pakar, gaya tiki taka sudah mudah dibaca. Hal itu terlihat dari kegagalan Barcelona pada musim 2013-2014 dan kegagalan Bayern Muenchen bersama Pep Guardiola pada Liga Champions 2013-2014.

Selain itu pemain Spanyol saat ini adalah mayoritas pemain yang hampir memenangi semua kompetisi top di dunia. Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, misalnya, telah menjuarai Piala Dunia, Euro, La Liga dan Liga Champions. Motivasi dan semangat dari mayoritas pemain Spanyol sudah tidak seperti empat tahun silam.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) memiliki pekerjaan rumah yang besar untuk memperbaiki kegagalan di Piala Dunia 2014. RFEF harus segera memanggil nama-nama baru yang lebih bersemangat, memiliki ambisi dan motivasi besar untuk merengkuh trofi juara.

Berikut adalah 10 nama pemain yang diperkirakan bisa mengembalikan Spanyol ke tampuk takhta tertinggi:

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Spanyol
  • comment
Artikel Terkait
Komentar