tag
Sepakbola
Swiss 2-5 Prancis

Bantai Swiss, Prancis Melenggang

Sabtu, 21 Juni 2014 04:22 WIB
Prancis lolos ke babak 16 besar usai melibas Swiss 5-2.
  • Bantai Swiss, Prancis Melenggang
    Eli Suhaeli-INDOSPORT-Getty Images

    Pemain Prancis berpesta gol ke gawang Swiss.

Prancis mengantongi satu tiket babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014 setelah membantai Swiss 5-2 dalam pertandingan Grup E Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Arena Fonte Nova, Sabtu (21/06/14) dini hari WIB.

Di Stadion Arena Fonte Nova, fans Prancis bersorak ria. Di Paris dan beberapa kota di Prancis, warga berpesta pora. Alasannya Prancis telah bangkit di ajang internasional usai mengalahkan Swiss 5-2 dalam pertandingan kedua Grup E Piala Dunia Brasil 2014.

Kemenangan atas Swiss membawa Prancis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Selain kemenangan atas Swiss, Prancis juga mengalahkan Honduras dengan skor 3-0. Dua kemenangan menempatkan Prancis di puncak Grup E dengan enam poin. Swiss hingga saat ini masih berada di tempat kedua dengan tiga poin.

Kedigdayaan Prancis pada dua pertandingan fase grup Piala Dunia 2014 membuat masyarakat negeri mode tersebut bersuka cita. Masyarakat Prancis berharap negara mereka meraih kesuksesan seperti Piala Dunia 1998.

Melawan tim kuda hitam Swiss, Pelatih Prancis Didier Deschamps menerapkan strategi berani. Deschamps memasang Karim Benzema dan Olivier Giroud secara bersamaan sejak menit pertama. Dua penyerang tersebut ditemani gelandang serang Mathieu Valbuena.

Hasilnya pertandingan baru berjalan 17 menit, fans Prancis membuat Stadion Arena Fonte Nova bergemuruh. Menerima umpan tendangan penjuru Valbuena, bola tandukkan Giroud ke pojok kanan gawang tidak bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Swiss Diego Benaglio. 1-0 Prancis membuka keunggulan.

Tidak lama berselang Prancis menambah keunggulan menjadi 2-0. Kali ini gol dicetak gelandang Blaise Matuidi yang memaksimalkan umpan Benzema. Mendapat umpan terobosan dari Benzema, Matuidi menggiring bola ke dalam kotak penalti Swiss sebelum menaklukan Benaglio.

Menit ke-32 Prancis sebenarnya berpeluang menambah keunggulan menjadi 3-0. Sayang tendangan 12 pas Benzema masih bisa ditepis Benaglio. Hadiah penalti didapat Prancis ketika Benzema dijatuhkan Johan Djourou di dalam kotak penalti.

Prancis akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 melalui gol Valbuena pada menit ke-40. Berawal dari serangan balik, Giroud yang melesat dari sisi kiri melepaskan umpan silang ke mulut gawang Swiss. Valbuena yang tidak mendapat pengawalan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Benaglio.

Unggul 3-0 tidak membuat Prancis berpuas diri. Menit ke-67 akhirnya Benzema mencantumkan namanya di papan skor. Menerima umpan terobosan dari Paul Pogba, tendangan kaki kanan Benzema tidak bisa diamankan Benaglio. 4-0 Prancis menambah keunggulan.

Menit ke-73 Prancis membulatkan keunggulan menjadi 5-0 berkat gol dari Moussa Sissoko. Lagi-lagi Benzema tampil gemilang pada laga ini. Umpan kedua pemain Real Madrid itu sukses dimaksimalkan oleh Sissoko. Tendangannya dari sisi kanan gawang membuat Benaglio tidak berdaya.

Pada 10 menit jelang laga bubar, Swiss tiba-tiba bangkit setelah memaksimalkan lenggahnya pertahanan Prancis yang sudah unggul lima gol tanpa balas. Menit ke-81 Blerim Dzemaili memperkecil ketertinggalan menjadi 1-5 melalui tendangan bebas.

Menit ke-87 Swiss kembali membuat gol hiburan melalui gol dari Granit Xhaka. Menerima umpan dari Gokhan Inler, bola sepakan kaki kiri Xhaka tidak bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Prancis Hugo Lloris. Gol dari Xhaka menjadi gol terakhir. Prancis menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2.


Data Pertandingan

Swiss 2-5 Prancis

Stadion Arena Fonte Nova, Salvador

Pencetak gol: Blerim Dzemaili (81), Granit Xhaka (87) - Olivier Giroud (17), Blaise Matuidi (18), Mathieu Valbuena (40), Karim Benzema (67), Moussa Sissoko (73)

Kartu kuning: Yohan Cabaye (88)

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

 

Susunan pemain

Swiss: 1-Diego Benaglio; 2-Stephan Lichtsteiner, 20-Johan Djourou, 5-Steve von Bergen (4-Philippe Senderos 9), 13-Ricardo Rodriguez; 11-Valon Behrami (15-Blerim Dzemaili 45), 8-Gokhan Inler; 23-Xherdan Shaqiri, 10-Granit Xhaka, 18-Admir Mehmedi; 9-Haris Seferovic (19-Josip Drmic 69)

Pelatih: Ottmar Hitzfeld

Prancis: 1-Hugo Lloris; 2-Mathieu Debuchy, 4-Raphael Varane, 5-Mamadou Sakho (21-Laurent Koscielny 66), 3-Patrice Evra; 18-Moussa Sissoko, 6-Yohan Cabaye, 14-Blaise Matuidi; 8-Mathieu Valbuena (11-Antoine Griezmann 83); 9-Olivier Giroud (19-Paul Pogba 63), 10-Karim Benzema

Pelatih: Didier Deschamps

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Swiss #Prancis
  • comment
Artikel Terkait
Komentar