tag
Sepakbola
Italia 0-1 Kosta Rika

Tekuk Italia, Kosta Rika ke 16 Besar

Sabtu, 21 Juni 2014 01:22 WIB
Kosta Rika lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan Italia 1-0.
  • Tekuk Italia, Kosta Rika ke 16 Besar
    Eli Suhaeli-INDOSPORT-Getty Images

    Kosta Rika memastikan diri jadi negara pertama yang lolos dari Grup D.

  • Tekuk Italia, Kosta Rika ke 16 Besar
    Eli Suhaeli-INDOSPORT-Getty Images

    Kosta Rika hadirkan kejutan di Piala Dunia Brasil 2014 dengan capai babak 16 besar.

  • Tekuk Italia, Kosta Rika ke 16 Besar
  • Tekuk Italia, Kosta Rika ke 16 Besar
Kosta Rika secara mengejutkan lolos ke babak 16 besar setelah memetik kemenangan 1-0 atas Italia dalam pertandingan kedua Grup D Piala Dunia Brasil 2014, di Stadion Arena Pernambuco, Recife, Sabtu (21/06/14) dini hari WIB.

Tiga poin yang diraih Kosta Rika dari Italia cukup membawa negara asal Amerika Tengah itu melaju ke babak sistem gugur Piala Dunia 2014. Keberhasilan ini adalah yang kedua bagi Kosta Rika, setelah injak babak 16 besar Piala Dunia 1990 di Italia.

Keberhasilan Kosta Rika mengejutkan karena negara ini dianggap sebagai negara terlemah di Grup yang juga ditempati Italia, Inggris dan Uruguay.

Kosta Rika untuk sementara memimpin Grup D dengan enam poin. Hasil ini didapat Kosta Rika dari kemenangan 1-0 atas Italia dan 3-1 atas Uruguay. Akibat kekalahan ini Italia tetap di posisi kedua dengan catatan tiga poin.

Kemenangan Kosta Rika juga membuat langkah Inggris di Piala Dunia Brasil 2014 terhenti. Meskipun pada laga terakhir Grup D Inggris mampu mengalahkan Kosta Rika, secara matematis poin The Three Lions Inggris tidak cukup untuk lolos ke babak 16 besar.

Melawan Italia yang empat kali menjadi juara dunia tidak membuat nyali Kosta Rika ciut. Laga baru berjalan dua menit Kosta Rika langsung mengancam gawang Italia. Menerima umpan Bryan Ruiz, boal sepakan Christian Bolanos dari luar jotak penalti masih bisa ditepis kiper Italia Gianluigi Buffon.

Menit keenam Kosta Rika kembali pertahanan Italia ketar-ketir. Menerima umpan dari Bolanos, bola tembakan Yeltsin Tejeda masih membentur bek Italia. Sundulan Celso Borges, hasil umpan tendangan penjuru, masih melayang di atas mistar gawang.

Tidak mau kalah Italia berusaha mengontrol pertandingan. Menit ke-27 Thiago Motta melepaskan bola tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, tapi masih melebar ke sisi gawang. Bola tendangan bebas Andrea Pirlo pada menit ke-28 masih gagal berbuah gol.

Menit ke-31 Italia mendapat peluang emas melalui kaki Mario Balotelli. Menerima umpan terobosan Pirlo, Balotelli yang lepas dari jebakan offside gagal mencetak gol. Padahal Balotelli tinggal berhadapan dengan kiper Keylor Navas, sayang bola tendangan masih jauh dari sasaran.

Balotelli mengancam gawang Kosta Rika pada menit ke-33. Menerima umpan sundulan Motta, bola sepakan Balotelli dari luar kotak penalti masih bisa diamankan Navas. Sementara tendangan Antonio Candreva masih bisa ditahan bek Kosta Rika.

Menjelang turun minum pemain Italia terlihat mengendurkan serangan karena keletihan. Menit ke-36 Bolanos mengancam gawang Italia, tapi sepakan kerasnya masih bisa ditepis Buffon. Lagi-lagi Buffon harus bekerja keras saat menahan sepakan keras Bryan Ruiz pada menit ke-39.

Digempur Kosta Rika, petaka Italia akhirnya terjadi pada menit ke-44. Menerima umpan lambung dari Junior Diaz, bola sundulan Ruiz tidak bisa ditangkap oleh Buffon. Ruiz dengan mudah membobol gawang Italia karena tidak mendapat kawalan ketat dari Matteo Darmian dan Giorgio Chiellini.

Pada babak kedua, Pelatih Italia Cesare Prandelli memainkan empat menyerang guna membuat gol balasan ke gawang Kosta Rika. Prandelli memasukkan Antonio Cassano, Lorenzo Insigne, dan Alessio Cerci untuk menggantikan Thiago Motta, Antonio Candreva, dan Claudio Marchisio.

Sayang pertahanan grendel yang diterapkan strategi Pelatih Kosta Rika Jorge Pinto membuat Italia kesulitan menembus barisan pertahanan Kosta Rika. Tim asal Amerika Latin itu hampir menumpuk seluruh pemainnya di depan gawang Navas. Hingga wasit Enrique Osses meniup peluit panjang, Italia gagal membuat gol balasan. Kosta Rika menutup pertandingan dengan kemenangan 1-0.


Data Pertandingan

Italia 0-1 Kosta Rika

Stadion Arena Pernambuco, Recife

Pencetak gol: Bryan Ruiz (44)

Kartu kuning: Mario Balotelli (69) - Jose Cubero (71)

Wasit: Enrique Osses (Chile)

Susunan Pemain

Italia: 1-Gianluigi Buffon; 7-Ignazio Abate, 15-Andrea Barzagli, 3-Giorgio Chiellini, 4-Matteo Darmian; 16-Daniele de Rossi; 6-Antonio Candreva (22-Lorenzo Insigne 57), 5-Thiago Motta (10-Antonio Cassano 45), 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio (11-Alessio Cerci 69); 9-Mario Balotelli

Pelatih: Cesare Prandelli

Kosta Rika: 1-Keylor Navas; 16-Cristian Gamboa, 6-Oscar Duarte, 3-Giancarlo Gonzalez, 4-Michael Umana, 15-Junior Diaz; 10-Bryan Ruiz (81-Randall Brenes 81), 5-Celso Borges, 17-Yeltsin Tejeda (22-Jose Cubero 68), 7-Christian Bolanos; 9-Joel Campbell (21-Marcos Urena 74)

Pelatih: Jorge Pinto


Penulis : Joko Sedayu
Editor : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kosta Rika #Italia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar