tag
Sepakbola
Italia 0-1 Kosta Rika

Kosta Rika Tiru Formasi Juventus

Minggu, 22 Juni 2014 02:12 WIB
Kosta Rika menerapkan formasi Juventus saat menaklukan Italia 1-0.
  • Kosta Rika Tiru Formasi Juventus
    eggy/indosport/gettyimages

    Timnas Kosta Rika

  • Kosta Rika Tiru Formasi Juventus
    eggy/indosport
  • Kosta Rika Tiru Formasi Juventus
  • Kosta Rika Tiru Formasi Juventus
Sabtu (21/06/14) waktu setempat, pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto, mengungkapkan timnya terinspirasi gaya bermain Juventus saat mengalahkan Italia 1-0 dalam pertandingan kedua Grup D pada Piala Dunia Brasil 2014.

Italia dikenal sebagai tim yang kental dengan gaya bermain bertahan atau Catenaccio. Namun dalam pertandingan Grup D di Arena Pernambuco, Recife, Sabtu (21/06/14) WIB, Kosta Rika mengajarkan Gli Azzurri bagaimana cara bermain bertahan yang baik.

Melawan Italia, pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto, mengatakan timnya terinsipirasi dengan gaya bermain Juventus. Luis Pinto menerapkan formasi 5-4-1, sedangkan Juventus ala Antonio Conte mengadopsi formasi 3-5-1.

Meskipun secara kasat mata formasi tersebut berbeda, tapi secara teknis di lapangan, kedua formasi tersebut sangat mirip. Dari lima bek yang diterapkan Luis Pinto, dua diantaranya adalah bek sayap dan sisanya adalah bek tengah.

Dua bek sayap Kosta Rika diperankan Cristian Gamboa di kanan dan Junior Diaz di kiri. Sedangkan di Juventus ada Stephan Lichtsteiner di kanan dan Kwadwo Asamoah di kiri.

Untuk tiga bek tengah, Luis Pinto mempercayai tugas itu kepada Oscar Duarte, Giancarlo Gonzalez, dan Michael Umana. Sementara di Juventus ada trio bek timnas Italia, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini.

"Pernahkah Anda melihat sistem kami dengan tiga bek tengah Oscar Duarte, Giancarlo Gonzalez, dan Michael Umana? Kemudian dua bek sayap Cristian Gamboa dan Junior Diaz?" tanya Luis Pinto seperti dikutip Football Italia.

"Ini adalah strategi yang dimainkan Juventus dan strategi yang digunakan Italia saat melawan Spanyol pada Piala Konfederasi 2013. Kami terinspirasi dari Juve," sambung pelatih 61 tahun itu.


Penulis : Joko Sedayu
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kosta Rika #Italia
  • comment
Artikel Terkait
Komentar