tag
Sepakbola
Mendapat Mandat Tes Doping

Kubu Kosta Rika Marah ke FIFA

Minggu, 22 Juni 2014 13:50 WIB
Dalam peraturan hanya ada dua pemain, tapi FIFA meminta tujuh pemain Kosta Rika jalani tes doping.
  • Kubu Kosta Rika Marah ke FIFA
    GETTY IMAGES

    Jorge Luis Pinto mempertanyakan keputusan FIFA tentang tujuh pemain Kosta Rika yang harus jalani tes doping.

Minggu (22/06/14), pemain dan pelatih timnas Kosta Rika marah kepada FIFA perihal permintaan tujuh pemain untuk menjalani tes doping.

Pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto dan badan sepakbola Kosta Rika murka saat FIFA memerintahkan para pemain mereka untuk melakukan tes doping tepat setelah mereka mengalahkan Italia.

Normalnya dua pemain dari tiap tim diminta untuk menjalani tes doping setelah setelah bermain, tapi kali ini FIFA meminta lima pemain tambahan dari Kosta Rika untuk diuji doping.

Bryan Ruiz, pencetak gol penentu kemenangan Kosta Rika kontra Italia menjadi salah satu pemain Kosta Rika yang harus menjalani tes doping, diikuti Keylor Navas, Celso Borges, Christian Bolanos, Marco Urena dan dua pemain cadangan Diego Clvo dan Michael Barrantes.

"Pertanyaannya adalah kenapa Kosta Rika harus menjalani tes ini? Karena tim kami terus berlari tanpa lelah sepanjang pertandingan dan saya bangga dengan para pemain karena menunjukkan daya juang yang tinggi," kata Jorge Luis Pinto via the Guardian.

Begini saja, silahkan FIFA memberi tes depong untuk semua pemain, termasuk juga saya. Kami akan senang melakukannya. Saya harap mereka melakukan tes doping kepada kami semua," tambah Pinto.  

FIFA mengatakan bahwa ketujuh pemain tersebut harus melakukan tes doping karena beberapa pemain Kosta Rika tidak melaksanakan kewajiban tersebut sebelum Piala Dunia dimulai.

Legenda Argentina, Diego Maradona ikut bicara dalam kasus ini. Menurut El Diez, FIFA melakukan tindakan diskriminasi.Maradona sendiri gagal dalam test doping dan dipulangkan dalam Piala Dunia 1994.

"Kenapa harus tujuh pemain Kosta Rika, kenapa tidak tujuh pemain Italia? Ini jelas melanggar aturan. Aturannya adalah dua pemain dari tiap kubu, saya tahu apa yang saya ucapkan karena saya pernah menjalaninya. Tapi tujuh pemain? Saya belum pernah melihat hal itu sebelumnya," kata Maradona.

"Menyuruh tujuh pemain Kosta Rika melakukan tes doping jelas menunjukkan kurangnya penghargaan kepada para pemain dan juga kepada aturan. Kosta Rika telah tampil sangat baik dengan mengalahkan dua juara dunia," tutup dia.

Kosta Rika mengalahkan Uruguay dengan skor 3-1 di laga pembuka. La Sele kemudian meraih satu tiket ke babak 16 besar setelah mengalahkan Italia dengan skor tipis 1-0 di pertandingan kedua.  

   

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kosta Rika
  • comment
Artikel Terkait
Komentar