tag
Sepakbola

Dugaan Atur Skor, Ghana Lapor Polisi

Senin, 23 Juni 2014 09:52 WIB
Ghana melapor ke polisi atas dugaan pengaturan skor yang melibatkan timnas negara itu.
  • Dugaan Atur Skor, Ghana Lapor Polisi
    Getty Images

    Timnas Ghana

Minggu (22/06/14), Ghana melaporkan dua pria yang diduga terlibat pengaturan skor timnas negara tersebut. Proses itu bergulir setelah dua media memunculkan berita yang melibatkan dua orang.

Daily Telegraph dan tayangan berita dari Channel 4 memunculkan berita bahwa seorang petinggi klub Ghana dan agen FIFA berpotensi terlibat dalam proses pengaturan skor yang melibatkan timnas negara Afrika tersebut.

"Kami akan jatuhkan sanksi berat jika memang dugaan itu terbukti," sebut Asosiasi Sepakbola Ghana (GFA) dalam rilis resmi yang dikutip BBC, Minggu kemarin. Dari beberapa dugaan pengaturan skor itu, tak ada yang melibatkan laga-laga Ghana di Piala Dunia Brasil 2014.

Menurut pernyataan GFA, dua orang mendekati ketua asosiasi sepakbola negara itu dan menyatakan keinginan membeli hak siar laga-laga uji coba timnas Ghana.

"Mereka kemudian diminta menyerahkan proposal sebagai bahan pertimbangan dan mereka memenuhi itu. Proposal itu sudah mereka serahkan kepada komite legal GFA, untuk dimintakan advis dan dibaca dengan hati-hati," tulis GFA.

"Kami ingin tegaskan GFA tak pernah menandatangani kontrak itu, selama kami masih menunggu respons dari komite legal dan dua pribadi terhormat itu tak memberikan penawaran berbau korupsi terhadap GFA atau para pengurusnya," tambah GFA lagi.

Masih dari GFA, persoalan itu telah dilaporkan kepada FIFA dan Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF). GFA telah meminta Kepolisian Ghana secara resmi menyelidiki dua orang yang tak disebut namanya tersebut. 

Saat ini, Ghana berada di posisi terbawah Grup G PD 2014, setelah mengantongi masing-masing sekali kekalahan dan hasil imbang.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Ghana
  • comment
Artikel Terkait
Komentar