tag
Sepakbola
Belgia 1-0 Rusia

Sebiji Gol Origi Bawa Belgia ke-16 Besar

Senin, 23 Juni 2014 01:31 WIB
Belgia lolos ke fase knock out usai mengalahkan Rusia 1-0 di penyisihan Grup H.
  • Sebiji Gol Origi Bawa Belgia ke-16 Besar
    Getty Images
  • Sebiji Gol Origi Bawa Belgia ke-16 Besar
    Getty Images
  • Sebiji Gol Origi Bawa Belgia ke-16 Besar
  • Sebiji Gol Origi Bawa Belgia ke-16 Besar
Keputusan pelatih Belgia Marc Wilmots memasukkan Divock Origi untuk menggantikan Romelu Lukaku berbuah manis ketika pemain pengganti ini menciptakan gol penentu kemenangan 1-0 Belgia atas Rusia pada menit 88 dalam laga Grup H.

Kemenangan ini memastikan Belgia lolos ke babak 16 Besar, sebaliknya membuat Rusia dalam kesulitan besar untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Kemenangan ini membuat Belgia untuk ketiga kalinya menciptakan gol dari pemain pengganti, setelah pada laga pertama melawan Aljazair pekan lalu mereka menciptakannya dari Marouane Fellaini dan Dries Mertens yang malam ini diturunkan sejak awal pertandingan oleh Wilmots.

Gol ini memecah kebuntuan setelah sepanjang babak pertama dan dua menit menjelang waktu normal 90 usai, Belgia kesulitan memasukkan bola ke gawang Rusia.

Kedua tim bahkan sama-sama memasukkan darah segar pada babak kedua untuk membuka skor, namun eksperimen Wilmots dengan mamasukkan Origi adalah yang paling tepat.

Sedangkan Fabio Capello terlambat memasukkan Alexander Kherzakov yang diturunkan pada menit 90, padahal pemain inilah yang menyelamatkan Rusia dari kekalahan melawan Korea Selatan pada pertandingan pertama mereka.

Pada babak pertama kedua tim saling menekan namun tidak satu pun gol tercipta. Belgia sedikit lebih ofensif di depan dibandingkan dengan lawannya, di bawah dirijen Dries Mertens.

Dua peluang terbaik diciptakan di babak ini. Peluang terbaik tercipta ketika Kevin de Bruyne menusuk ke sisi kotak penalti Rusia lalu mengoper bola kepada Mertens yang kemudian mengirimkan bola yang tadinya menuju Romelu Lukaku namun bola dipotong bek Rusia.

Peluang terbaik kedua pada babak pertama dikreasi Alexander Kokorin pada menit-menit terakhir usai menerima umpan Denis Glushakov. Kokorin melewati dua bek Belgia untuk menciptakan peluang membuka gol, namun sontekannya melebar dari gawang Thibaut Courtois.

Dua menit laga tersisa dari waktu normal, skuad Belgia bersorak. Gol pemain pengganti Divock Origi merubah semuanya.

Origi yang bergerak dan menyerang dari sisi kiri lapangan dan mengirim bola untuk Hazard, yang bergerak masuk ke garis kotak penalti serta mengembalikan kepada dirinya.

Penyerang Lille itu melepaskan sepakan dan bola masuk ke dalam gawang. Kemenangan 1-0 Belgia atas Rusia bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Belgia meraih nilai penuh 6, dibuntuti Korea Selatan dengan satu poin atau sama dengan Rusia, namun menang selisih gol.

Korea Selatan berpeluang untuk memperbesar asanya ke 16 Besar jika menang melawan Aljazair pada pertandingan hari yang sama.

Belgia 1-0 Rusia

Stadiun: Maracana, Brasil.

Pencetak gol: Divock Origi (88)

Susunan pemain:

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen (Jan Vertonghen), Vincent Kompany, Daniel van Buyten; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Marouane Fellaini, Eden Hazard, Dries Mertens; Romelu Lukaku (Divock Origi).

Pelatih : Wilmots

Rusia: Igor Akinfeev; Alexey Kozlov (Andrey Eschenko), Sergey Ignashevich, Vasily Berezutskiy, Dmitry Kombarov; Maksim Kanunnikov, Denis Glushakov, Oleg Shatov (Alan Dzagoev), Alexander Samedov (Alexander Kherzakov), Victor Fayzulin; Aleksandr Kokorin.

Pelatih : Capello.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar