tag
Sepakbola
Belanda 2-0 Chile

Belanda Catat Hasil Sempurna

Selasa, 24 Juni 2014 01:09 WIB
Leroy Fer dan Memphis Depay berhasil membawa Belanda menang 2-0 atas Chile di Sao Paulo.
  • Belanda Catat Hasil Sempurna
    FIFA

    Memphis Depay (kanan) mencetak gol ke gawang Chile, Belanda menang 2-0 atas Chile, Selasa (24/06/14) WIB.

  • Belanda Catat Hasil Sempurna
    FIFA
  • Belanda Catat Hasil Sempurna
    FIFA
  • Belanda Catat Hasil Sempurna
  • Belanda Catat Hasil Sempurna
  • Belanda Catat Hasil Sempurna
Belanda berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 sebagai pimpinan Grup B setelah mengalahkan Chile dengan 2-0 pada pertandingan terakhir grup, Selasa (24/06/14) WIB.

Meskipun Belanda dan Chile sama-sama telah memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014, kedua tim tetap menampilan permainan menyerang dalam lanjutan pertandingan Grup B di Kota Sao Paulo tersebut.

Sebelum laga, pelatih Belanda Louis van Gaal mengharapkan sebuah pertandingan yang sulit kontra Chile. Pelatih Manchester United musim depan itu juga menargetkan meraih poin penuh dari Chile untuk memastikan puncak klasemen Grup B.  

Belanda membuat perubahan dalam pemain yang dimainkan melawan Chile. Tim Oranye mengistirahatkan Bruno Martins dan Jonathan De Guzman. Sedangkan Robin van Persie tak tampil karena akumulasi kartu kuning. Van Gaal memasukkan Georginio Wijnaldum, Dirk Kuyt, serta Jeremain Lens.

Sedangkan Chile hanya memberikan kesempatan kepada Felipe Gutierrez untuk menjadi starter menggantikan Arturo Vidal. Chile langsung menekan Belanda sejak babak pertama dimulai lewat aksi Alexis Sanchez di sisi kanan pertahanan Belanda. Chile terus mengancam dengan pressing ketat ke pertahanan The Oranje. Memasuki menit ke-12, Chile mendapatkan peluang lewat Eduardo Vargas, tapi sundulan yang dia lakukan masih melambung di atas gawang Jasper Cillessen.    

Hingga menit ke-20, Belanda benar-benar kesulitan mengembangkan permainan. Chile terus melakukan tekanan ketat di wilayah lawan. Peluiang baru bisa dikreasi Belanda melalui aksi Stefan de Vrij di menit ke-36, namun sundulannya setelah menerima umpan tendangan bebas Arjen Robben masih melebar di sisi kanan gawang Chile.

Selang tak berapa lama, Robben mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan Belanda dengan menusuk pertahanan Chile lewat aksi individu. Robben melewati tiga pemain lawan, tapi saat tinggal berhadapan dengan Claudio Bravo, kiper Chile, tembakannya melebar ke kiri gawang. Memasuki pengujung babak pertama, kedua tim masih saling menampilkan permainan menyerang, membuktikan baik Belanda maupun Chile sama-sama mengincar posisi puncak klasemen Grup B.

Pada babak kedua, Chile mencoba untuk mencetak gol terlebih dahulu dengan memasukkan Jean Beausejour yang menjadi pencetak gol di laga sebelumnya untuk menggantikan Felipe Gutierrez. Kedua tim tetap menampilkan permainan menyerang, Chile dengan melancarkan tekanan beruntun ke gawang Belanda. 

Namun Chile beberapa kali keteteran menghadapi serangan balik Belanda. Seperti saat Robben menghadirkan ancaman di lini pertahanan Chile pada menit ke-66. Sayang, usaha Robben masih bisa dipatahkan Bravo. Kiper yang bermain untuk Real Sociedad itu berhasil mengamankan tembakan bintang Bayern Muenchen.

Pertandingan masih berjalan alot bagi kedua tim hingga menit ke-76. Van Gaal memasukkan Leroy Fer untuk menggantikan Wesley Sneijder yang kurang menunjukkan permainan terbaiknya di pertandingan malam ini. Keputusan Van Gaal berbuah manis. Fer berhasil memecah kebuntuan dengan mencetak gol untuk Belanda di menit ke-77 melalui sundulan keras ke sisi kiri gawang Bravo memanfaatkan umpan dari Daryl Janmaat, 1-0 untuk Belanda.

Belanda berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 atas Chile di pengujung babak kedua. Kembali, Robben menjadi aktor terciptanya gol kedua Belanda. Umpan akurat Robben berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Memphis Depay di menit ke-92.

Kemenangan ini membuat Belanda menduduki puncak klasemen Grup B dengan nilai sembilan hasil dari tiga kemenangan. Chile menyusul yang mengumpulkan nilai enam. .

Data Pertandingan

Belanda 2-0 Chile

Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo

Pencetak gol: Leroy Fer (77), Memphis Depay (90+2) 

Kartu Kuning: Blind - Silva  

Wasit: Bakary Papa Gassama (Gambia)


Susunan Pemain

Belanda: 1-Jasper Cillessen; 2-Ron Vlaar,3-Stefan de Vrij, 5-Daley Blind; 6-Nigel de Jong, 7-Daryl Janmaat, 10-Wesley Sneijder (18-Leroy Fer 75), 15-Dirk Kuyt (14-Terence Kongolo 89), 20-Georginio Wijnaldum; 11-Arjen Robben, 17-Jeremain Lens (21-Memphis Depay 69)

Pelatih: Louis van Gaal

Chile: 1-Claudio Bravo; 5-Francisco Silva (10-Jorge Valdivia 70), 17-Gary Medel, 18-Gonzalo Jara; 2-Eugenio Mena, 4-Mauricio Isla, 16-Felipe Gutierrez (15-Jean Beausejour 46), 20-Charles Aranguiz, 21-Marcelo Diaz; 7-Alexis Sanchez, 11-Eduardo Vargas (9-Mauricio Pinilla 81) 

Pelatih: Jorge Sampaoli

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Belanda #Chile
  • comment
Artikel Terkait
Komentar