tag
Sepakbola
Kamerun 1-4 Brasil

Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun

Selasa, 24 Juni 2014 05:22 WIB
Neymar bobol gawang Kamerun dua kali, antar Brasil ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.
  • Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun
    GETTY IMAGES
  • Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun
    GETTY IMAGES

    Neymar Jr mencetak dua gol saat Brasil bantai Kamerun 4-1, Selasa (24/06/14) WIB.

  • Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun
    FIFA
  • Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun
  • Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun
  • Goyang Neymar Tumbangkan Kamerun
Neymar da Silva Santos Junior, atau akrab disapa Neymar Junior menjadi bintang kemenangan Brasil atas Kamerun. Berkat dua golnya di babak pertama, Brasil menang 4-1 atas wakil Afrika itu, Selasa (24/06/14) dini hari WIB.

Brasil merajai klasemen Grup A Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Kamerun 4-1. Bagi Selecao, julukan Brasil, pertandingan melawan Kamerun dini hari tadi merupakan kado indah untuk merayakan pertandingan ke-100 Brasil di Piala Dunia. Brasil adalah tim kedua terbanyak yang menggapai pencapaian tersebut, atau hanya kalah dari Jerman yang memiliki jumlah 101 laga. 

Sejak babak pertama, kedua tim langsung melancarkan jual-beli serangan. Melalui Marcelo, Brasil menekan pertahanan Kamerun, sehingga Eyong Enoh terpaksa melanggar bek Real Madrid itu dan harus menerima kartu kuning dari wasit Eriksson saat laga baru berjalan 11 menit.  

Tidak lama berselang, melalui serangan balik yang cepat Luiz Gustavo melepaskan umpan silang mendatar dari sayap kiri, Neymar tidak menyiakan bola yang mengarah ke tengah kotak penalti tersebut dengan sontekan akurat ke pojok kanan gawang, Brasil unggul 1-0 atas Kamerun di menit ke-17.  
   
Setelah gol pertama Neymar, Brasil terus menggempur pertahanan Kamerun. Namun, Charles Itandje dengan sigap menangkap bola hasil sepakan Fred. Tapi, Kamerun tidak ingin diam begitu saja. Aboubakar mencoba melepaskan sepakan mendatar ke arah gawang Julio Cesar, tapi sayang masih belum menemui sasaran.

Kamerun segera bangkit, setelah Joel Matip mampu membuat Kamerun menyamakan kedudukan lewat golnya di menit ke-28. Matip sempurna memanfaatkan crossing dari Allan Nyom. Tanpa kawalan, Matip mengarahkan bola ke dalam gawang Brasil. Kamerun samakan keadaan 1-1.

Tapi, Neymar, si bocah ajaib kembali menunjukkan taji. Lewat umpan Marcelo, Neymar tidak membutuhkan waktu lama untuk kembali mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan keras bomber Barcelona mengarah telak ke gawang. Tuan rumah kembali unggul 2-1 pada menit ke-34.   

Brasil untuk sementara unggul 2-1 atas Kamerun. Neymar menjadi pahlawan Selecao berkat dwigolnya. Sebagai catatan, gol pertama Neymar di pertandingan malam ini adalah gol ke-100 di Piala Dunia 2014.

Memasuki babak kedua, arsitek Brasil, Luiz Felipe Scolari melakukan penyegaran di lini tengah dengan memasukkan Fernandinho menggantikan Paulinho. Keputusan Scolari tepat, Sepanjang paruh kedua, Brasil terlihat mendominasi pertandingan. Beberapa kali mereka mendapatkan peluang menambah. Sementara itu, Kamerun terlihat hanya mengandalkan serangan balik. Brasil kembali memperbesar keunggulan pada menit ke-49. Kali ini giliran Fred yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan silang David Luiz. 

Kemenangan Brasil kian mutlak ketika pada menit ke-84, Fernandinho mencetak gol keempat setelah memaksimalkan umpan Oscar. Skor 4-1 untuk Brasil pun tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. 

Sementara, di pertandingan lain Grup A Piala Dunia 2014 Meksiko mengalahkan Kroasia, 3-1. Dengan hasil ini, Brasil dipastikan lolos ke babak 16 besar dan akan berhadapan dengan Chile. Sedangkan Meksiko sebagai peringkat kedua Grup A akan berhadapan dengan pimpina nGrup B, Belanda.

 

Data Pertandingan

Kamerun 1-4 Brasil

Stadion Nacional de Brasilia, Brasilia

Pencetak gol: Joel Matip (Kamerun 26), Neymar (Brasil 17,34) 

Kartu Kuning: Eyong Enoh, Edgar Sali, Stephane M'Bia,  

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)


Susunan Pemain

Kamerun: 16-Charles Itandje;3-Nicolas N'Koulou, 12-Henri Bedimo, 21-Joel Matip, 22-Allan Nyom;7-Landry N'Guemo, 8-Benjamin Moukandjo (20-Edgar Salli 58), 13-Maxim Choupo-Moting (11-Jean II Makoun 81), 17-Stephane M'bia, 18-Eyong Enoh, 10-Vincent Aboubakar (15-Pierre Achille Webo 72) 

Pelatih: Volker Finke

Brasil: 12-Julio Cesar, 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 7-Hulk (16-Ramires 63), 8-Paulinho (5-Fernandinho 46), 10-Neymar (19-Willian 71), 11-Oscar, 17-Luiz Gustavo; 9-Fred 

Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Kamerun #Neymar #Brasil
  • comment
Artikel Terkait
Komentar