tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Benua Amerika Neraka Tim Eropa

Rabu, 25 Juni 2014 15:22 WIB
Tim-tim Eropa belum pernah menjuarai Piala Dunia jika diselenggarakan di benua Amerika.
  • Benua Amerika Neraka Tim Eropa
Sejarah keangkeran benua Amerika terhadap tim-tim nasional sepakbola Eropa terus berlanjut. Pada Piala Dunia Brasil 2014, tim raksasa seperti Spanyol, Inggris, dan Italia gagal lolos dari fase grup alias tersingkir dalam perburuan gelar juara.
7. Piala Dunia Amerika Serikat 1994

Amerika Serikat memang berada jauh di utara khatulistiwa, tapi ketika memasuki bulan Juni dan Juli, di sana sedang musim panas layaknya seperti di Eropa. Namun kelembapan di sana tidak jauh berbeda dengan di negara-negara Eropa, kecuali wilayah Orlando, Dallas, Pasadena, dan Stanford.

Suhu di empat wilayah tersebut pada bulan Juni dan Juli antar mulai 28 derajat sampai 32 derajat celcius. Bahkan pada siang tengah hari, tepatnya pukul 12.00 waktu setempat, bisa mencapai dari 38 sampai 43 derajat celcius.

Begitu pula dengan di Foxborough, Chicago atau di Washington, suhu di sana pada bulan Juni dan Juli cukup membuat banyak keluar keringat. Tapi hal itu tidak bisa menghalangi ketangguhan wakil Eropa.

Wakil Eropa di Piala Dunia 1994 adalah Jerman, Belgia, Italia, Bulgaria, Irlandia, Belanda, Rumania, Spanyol, Rusia, Yunani, Norwegia, Swedia dan Swiss. Dan hanya Norwegia, Yunani, dan Rusia yang gagal ke babak sistem gugur.

Namun, meskipun tim-tim Eropa merajai sistem gugur, Brasil sukses keluar sebagai juara. Tim Samba menaklukan Belanda 3-2 di perempatfinal, menundukkan Swedia di semifinal, dan membungkam Italia 3-2 melalui adu penalti di partai final.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar
  • Hanny Wong
    Rabu, 25 Juni 2014 15:49 WIB
    Hanny Wong

    pertamix diamankan segera gan, beruntung lah pemain2 yang lahir di negara topis, terbiasa dengan panas dan adem

  • Tidak ada data lagi