tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Benua Amerika Neraka Tim Eropa

Rabu, 25 Juni 2014 15:22 WIB
Tim-tim Eropa belum pernah menjuarai Piala Dunia jika diselenggarakan di benua Amerika.
  • Benua Amerika Neraka Tim Eropa
Sejarah keangkeran benua Amerika terhadap tim-tim nasional sepakbola Eropa terus berlanjut. Pada Piala Dunia Brasil 2014, tim raksasa seperti Spanyol, Inggris, dan Italia gagal lolos dari fase grup alias tersingkir dalam perburuan gelar juara.
5. Piala Dunia Argentina 1978

Pada Piala Dunia di Argentina, ada beberapa pertandingan yang dimainkan pada malam hari, yakni pukul 19.15 waktu setempat. Selain itu, cuaca di Argentina tidak sepanas di Brasil dan Meksiko, tapi hal itu tidak membantu tim-tim Eropa untuk menjadi juara.

Pertandingan Piala Dunia di Argentina lebih banyak dimainkan di ibu kota Buenos Aires, di mana suhu di sana pada Mei sampai Juni berkisar dari 15 sampai 19 derajat celcius. Tapi pada siang hari suhu di kota-kota Argentina yang menjadi tempat laga Piala Dunia, bisa mencapai 30 derajat celcius.

Di Argentina diwakili oleh Jerman Barat, Belanda, Italia, Swedia, Hungaria, Polandia, Skotlandia, Spanyol, Austria, dan Prancis. Dan yang lolos ke fase grup kedua adalah Jerman Barat, Belanda, Italia, Austria, dan Polandia.

Juara grup dari fase grup kedua langsung lolos ke final. Dan Belanda bertemu dengan Argentina. Namun tim tuan rumah yang diperkuat Mario Kempes mengalahkan tim Oranye 3-1. Namun selain faktor cuaca, suhu politik di Argentina yang saat itu sedang memanas karena pemerintah junta militer, juga memuluskan langkah tuan rumah menjadi juara untuk pertama kalinya.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar
  • Hanny Wong
    Rabu, 25 Juni 2014 15:49 WIB
    Hanny Wong

    pertamix diamankan segera gan, beruntung lah pemain2 yang lahir di negara topis, terbiasa dengan panas dan adem

  • Tidak ada data lagi