tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Benua Amerika Neraka Tim Eropa

Rabu, 25 Juni 2014 15:22 WIB
Tim-tim Eropa belum pernah menjuarai Piala Dunia jika diselenggarakan di benua Amerika.
  • Benua Amerika Neraka Tim Eropa
Sejarah keangkeran benua Amerika terhadap tim-tim nasional sepakbola Eropa terus berlanjut. Pada Piala Dunia Brasil 2014, tim raksasa seperti Spanyol, Inggris, dan Italia gagal lolos dari fase grup alias tersingkir dalam perburuan gelar juara.
3. Piala Dunia Chile 1962

Pada Piala Dunia 1962, mulai ada kemajuan dari tim-tim Eropa. Mungkin cuaca di Chile pada Mei dan Juni tidak sepanas di Uruguay dan Brasil, di mana pada bulan tersebut, rata-rata suhu tertinggi di Chile adalah antara 16 sampai 20 derajat celcius.

Di Chile Eropa diwakili oleh Bulgaria, Cekoslowakia, Inggris, Hungaria, Italia, Spanyol, Swiss, Uni Soviet, Jerman Barat, dan Yugoslavia.

Suhu dan kelembapan yang mendukung pada bulan Mei dan Juni di Chile ternyata memudahkan tim-tim Eropa. Tim Eropa yang lolos dari fase grup adalah Uni Soviet, Inggris, Jerman Barat, Cekoslovakia, Yugoslavia, dan Hungaria. Sedangkan benua Amerika hanya menyisakan Brasil dan Chile.

Tapi pada akhirnya, dua wakil benua Amerika lolos ke semifinal. Untungnya Brasil dan Chile saling berhadapan di semifinal, sehingga benua Eropa menempatkan satu wakil di final. Sayang Cekoslovakia tumbang 1-3 dari juara bertahan Brasil.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar
  • Hanny Wong
    Rabu, 25 Juni 2014 15:49 WIB
    Hanny Wong

    pertamix diamankan segera gan, beruntung lah pemain2 yang lahir di negara topis, terbiasa dengan panas dan adem

  • Tidak ada data lagi