tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Luis Suarez Sang Kanibal

Rabu, 25 Juni 2014 12:41 WIB
Luis Suarez tercatat sudah tiga kali menggigit pemain lawan.
  • Luis Suarez Sang Kanibal
    GETTY IMAGES
Luis Suarez kembali bikin heboh. Penyerang Uruguay itu kembali beraksi kontroversial saat timnya mengalahkan Italia 1-0 dalam pertandingan Grup D Piala Dunia Brasil 2014 di Arena das Dunas, Natal, Rabu (25/06/14) dini hari WIB. Aksi yang dilakukan Suarez kali ini seperti sudah jadi spesialisasinya, menggigit pemain lawan.

Luis Suarez memang jagonya bikin kontroversial di atas lapangan hijau. Penyerang Uruguay itu pernah menahan sundulan Dominic Adiyiah, yang menuju ke dalam gawang, dengan tangan pada Piala DUnia Afsel 2010. Akibatnya, Uruguay mendapat hukuman penalti.

Tapi dewi fortuna berpihak kepada Suarez dan kawan-kawan. Meskipun Suarez diganjar kartu merah atas aksinya itu, tendangan penalti Asamoah Gyan membentur mistar gawang. Dan Uruguay lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Ghana 4–2 melalui adu penalti.

Di tingkat klub, Suarez juga tukang bikin masalah. Bersama klubnya saat ini, Liverpool, pemain 27 tahun itu kerap beberapa kali menjadi pemberitaan utama media-media di Inggris. Ketika pertama kali datang ke Liverpool, Suarez dicap sebagai tukang diving.

Puncaknya pada Januari 2013, Suarez mengaku sengaja melakukan diving saat Liverpool bermain imbang 0-0 dengan Stoke City pada 7 Oktober 2012. Akibatnya manajer Brendan Rodgers menilai tindakan tersebut tidak bisa diterima dan klub akan memberikan hukuman secara internal.

Bahkan situs sepakbola di Spanyol, El Gol Digital, menempatkan Suarez diperingkat kelima sebagai pemain paling kotor dalam dunia sepakbola.

Selain masalah diving, Suarez juga pernah berseteru dengan bek Prancis Patrice Evra karena masalah rasialisme. Aksi rasial itu terjadi ketika Evra terus menjaga Suarez saat Liverpool menjamu Manchester United di Anfield.

Meskipun Suarez membantah tuduhan tersebut, dan Liverpool memberikan dukungan penuh, Federasi Sepakbola Inggris (FA) menyalahkan Suarez setelah melakukan penyelidikan. Dan menghukum Suarez dengan larangan bermain selama delapan pertandingan dan denda 40 ribu pounds atau sekitar Rp815,66 juta (kurs Rp20,400).

Kini, pada Piala Dunia Brasil 2014 Suarez kembali membuat gempar. Kali ini Suarez melakukan spesialisasinya, yakni menggigit pemain lawan. Sebelumnya Suarez pernah dua kali menggigit pemain lawan, dan gigitan kepada Giorgio Chiellini adalah yang ketiga. Berikut kisah lengkapnya.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Liverpool #Uruguay #Italia #Luis Suarez
  • comment
Artikel Terkait
Komentar