tag
Sepakbola

Gigit Chiellini, Suarez Bisa Dihukum 2 Tahun

Kamis, 26 Juni 2014 11:04 WIB
Karier Luis Suarez bisa tamat jika FIFA benar-benar menjatuhkan hukuman dua tahun.
  • Gigit Chiellini, Suarez Bisa Dihukum 2 Tahun
    GETTY IMAGES

    Luis Suarez (Uruguay)

  • Gigit Chiellini, Suarez Bisa Dihukum 2 Tahun
    GETTY IMAGES
  • Gigit Chiellini, Suarez Bisa Dihukum 2 Tahun
  • Gigit Chiellini, Suarez Bisa Dihukum 2 Tahun
Luis Suarez terancam mendapat hukuman panjang setelah menggigit Giorgio Chiellini dalam pertandingan fase grup Piala Dunia Brasil 2014, Kamis (26/06/14). Komite Disiplin FIFA bisa menghukum Suarez dengan larangan bermain selama dua tahun di dunia sepakbola.

Karier Luis Suarez dalam dunia sepakbola kini benar-benar terancam. Menurut laporan Associated Press, Ketua Komite Disiplin FIFA Claudio Sulser mengungkapkan bahwa pemain Uruguay itu bisa divonis hukuman larangan bermain selama dua tahun di dunia sepakbola.

"Dalam skala insiden kartu merah pada umumnya, hukuman larangan tiga pertandingan mungkin tepat, itu langsung mengusir Suarez setidaknya sampai akhir Piala Dunia Brasil 2014 bersama Uruguay. Mungkin sejauh ini hukuman itu yang paling tepat," kata Sulser.

Sulser, yang telah bekerja di FIFA selama empat tahun, adalah orang yang ditunjuk untuk memimpin kasus gigitan Suarez. Pengacara asal Swiss itu menjelaskan FIFA bisa memberikan hukuman maksimal kepada Suarez dengan larangan bermain dalam 24 pertandingan internasional bersama Uruguay.

Bahkan Sulser menambahkan, FIFA bisa menjatuhkan hukuman larangan bermain selam dua tahun di dunia sepakbola kepada Suarez. Hukuman itu akan mencakup pertandingan klub dan internasional, serta akan menghancurkan kariernya di Liverpool dan spekulasi transfer ke Barcelona atau Real Madrid.

Suarez dan Federasi Sepakbola Uruguay (AUF) telah tiba di Rio de Janeiro pukul 05.00 Rabu (25/06/14) waktu setempat. Mereka datang untuk menyajikan dokumentasi pembelaan.

Menurut anggota panel disiplin FIFA, Martin Hong, masalah ini harus segera terselesaikan. Pasalnya, Uruguay akan memainkan pertandingan babak 16 besar melawan Kolombia di Stadion Maracana, Sabtu (28/06/14) waktu setempat.

"Ini tugas kita untuk menyelesaikan keadilan," kata Hong.

Dan juru bicara FIFA Delia Fischer menambahkan pertemuan Komite Disiplin sudah berlangsung pada Rabu malam, namun hingga saat ini keputusan belum mencapai kata sepakat

Jika masalah ini belum selesai hingga Sabtu, maka akan membuat rumit status Suarez, yang bisa diturunkan dalam pertandingan melawan Kolombia. Jika itu terjadi Uruguay dan Suarez bisa langsung mengajukan masalah ini ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga di Swiss, untuk bisa memainkan Suarez dengan alasan mendesak dan mengikat.

Namun, Sulser kembali mengatakan bahwa salah satu pilihan terbuka FIFA untuk menghindari skenario itu adalah bahwa larangan bermain "kurang dari tiga pertandingan atau sampai dua bulan" dan tidak dapat mengajukan banding, sesuai dengan aturan FIFA.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Joko Sedayu
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Uruguay #Luis Suarez
  • comment
Artikel Terkait
Komentar