tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Paus Fransiskus Kibarkan Kaos Argentina

Kamis, 26 Juni 2014 17:23 WIB
Paus Fransiskus tunjukkan dukungan kepada Argentina di Piala Dunia 2014.
  • Paus Fransiskus Kibarkan Kaos Argentina
    Internet

    Paus Fransiskus bergembira sambil mengibarkan kaos Argentina di Vatikan.

Demam Piala Dunia Brasil 2014 melanda semua kalangan, termasuk Paus Fransiskus. Rabu waktu Italia atau Kamis (26/06/14), Paus Fransiskus memperlihatkan dukungan kepada Argentina dengan mengibarkan kaos Argentina.

Paus Fransiskus terlihat bergembira menyambut partai Argentina versus Nigeria. Memang pemimpin tertinggi Katolik ini tidak hadir di Brasil, Paus Fransiskus ikut bergembira dengan mengibar-ngibarkan bendera Argentina di Saint Peter's Square, Vatikan.

Kabarnya Paus Fransiskus yang lahir di Buenos Aires, Argentina, ini mendapatkan sepotong jersey Argentina yang berwarna putih-biru tersebut dari kerumunan massa yang terngah berkumpul.

Aksi Paus ini seolah menodai ucapannya yang pernah menyatakan netral untuk Piala Dunia 2014. Pernyataan Paus muncul saat bertemu Presiden Brasil Dilma Rousseff di Vatikan, Februari 2014.

“Dia menanyakan netralitas. Saya pegang ucapan saya karena Brasil dan Argentina selalu menjadi rival,” kata Paus Fransiskus saat itu di Vatikan.

Jawaban diplomatis Paus itu menjawab pertanyaan Dilma Rousseff yang menanyakan negara pilihan Paus di Piala Dunia 2014 mengingat Paus lahir di Argentina, namun saat ini tinggal di Vatikan yang dikelilingi oleh Italia.

Media pernah mencatat, Paus pernah menerima rombongan tim Argentina dan Italia menjelang pertandingan persahabatan kedua negara di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Agustus 2013.

Sebelum duel yang akhirnya dimenangi Argentina dengan skor 2-1, Lionel Messi sebagai perwakilan Argentina dan Gianluigi Buffon dari Italia memberi kaos kedua negara dengan nama Paus. Paus juga menerima vas bunga perak dari pemain Italia, sedang pemain Argentina memberi pohon zaitun. Tak lupa, sebuah bola ditandatangani pemain menjadi milik Paus Fransiskus.

Entah karena aksi pengibaran kaos oleh Paus diketahui pemain Argentina, partai terakhir Grup F Piala Dunia 2014 menjadi milik Argentina dengan kemenangan 3-2 atas Nigeria. Argentina menjadi juara grup dan Nigeria sebagai peringkat kedua. Sesuai pengundian sebelum Piala Dunia 2014 berlangsung, Argentina sebagai juara grup akan bertemu Swiss pada 1 Juli, sedang Nigeria menghadapi Prancis, 30 Juni 2014.


Penulis : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Argentina
  • comment
Artikel Terkait
Komentar