tag
Sepakbola
Preview AS Vs Jerman

Pertarungan Dua Sahabat Karib

Kamis, 26 Juni 2014 10:11 WIB
Juergen Klinsmann harus lupakan persahabatan dengan Joachim Loew.
  • Pertarungan Dua Sahabat Karib
    GETTY IMAGES

    Duel keras saat bersua Ghana diprediksi terulang ketika Jerman melawan Amerika Serikat.

  • Pertarungan Dua Sahabat Karib
    internet

    Juergen Klinsmann (kiri) dan Joachim Loew saat kompak melatih Jerman.

  • Pertarungan Dua Sahabat Karib
  • Pertarungan Dua Sahabat Karib
Kamis (26/06/14), partai Amerika Serikat (AS) melawan Jerman di Piala Dunia Brasil 2014 terasa panas luar dalam. Pelatih AS Juergen Klinsmann mengaku terpaksa mengubur persahabatan dengan Pelatih Jerman Joachim Loew, meski untuk sementara.

Pilihan mengubur persahabatan terpaksa diambil Klinsmann, mungkin juga oleh Loew, demi masa depan AS dan Jerman di Piala Dunia 2014. Jerman dan AS akan mati-matian demi selembar tiket dari Grup G ke 16 besar Piala Dunia 2014. Bila ingin lolos bersama, hasil imbang menjadi pilihan terbaik.

AS dan Jerman saat ini memimpin grup dengan nilai empat. Ghana dan Portugal juga masih berpeluang lolos dari penyisihan grup karena hanya tertinggal tiga poin dari dua peringkat teratas.

Klinsmann menatap pertarungan AS versus Jerman di Arena Pernambuco, Recife, Kamis malam, dengan konsentrasi tingkat tinggi sampai melupakan darah yang mengalir dalam tubuhnya dan tidak mengganggap keberadaan Loew.

Tujuan hanya satu, AS mengalahkan Jerman demi bermain di 16 besar Piala Dunia 2014. Pilihan sangat sulit bagi Klinsmann untuk menyingkirkan negara kelahirannya.

Sejarah mencatat Klinsmann lahir di Goppingen, Jerman, 49 tahun lalu. Klinsmann pernah 80 kali memperkuat Jerman dan menyumbang 38 gol untuk tanah kelahirannya.

Dilema kedua adalah sosok Loew. Saat Klinsmann melatih Jerman di Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006, Loew adalah asisten atau pembantu Klinsmann. Duet Klinsmann-Loew dipercaya memimpin Jerman sepanjang 2004-2006.

Buah tangan Klinsmann-Loew melahirkan gairah baru sepakbola Jerman dengan permainan menyerang dan menarik hingga membawa Jerman menjadi peringkat ketiga Piala Eropa 2004 dan perempatfinal Piala Dunia 2006. Posisi Klinsmann di Jerman kemudian digantikan Loew.

“Itu bagian dari sejarah Jerman, bukan sejarah AS. Saya kira kalau Anda melihat AS di masa lalu, kami selalu berusaha menuntaskan semua hal. Pertandingan ini sangat spesial bagi saya, seperti hal yang hanya akan terjadi sekali sepanjang hidup,” kata Klinsmann.

“Kami memiliki semangat juang dan memberikan semuanya yang kami bisa di setiap pertandingan. Kami akan berangkat ke Recife dan memberikan segala-galanya untuk mengalahkan Jerman. Itu target kami,” tegas Klinsmann yang berjanji akan menyajikan lagu kebangsaan AS dan Jerman.

Dari kubu Jerman, Loew menegaskan tetap bersahabat dengan Klinsmann, meski jarang berkomunikasi soal Piala Dunia. Loew memastikan akan mengaktifkan kembali komunikasi dengan Klinsmann usai urusan sepakbola tuntas.

“Jelas kami tidak saling berhubungan belakangan ini. Itu normal pada turnamen-turnamen di mana kadang Anda saling mengabaikan,” kata Loew.

Klinsmann pernah mempermalukan Loew saat AS meraih kemenangan 4-3 dari Jerman dalam pertandingan persahabatan di Washington DC, Amerika Serikat, 2 Juni 2013.

Soal kondisi teknis pemain, Jerman hampir bisa menurunkan pemain terbaik karena tidak ada yang bermasalah dengan cedera. AS kemungkinan besar tidak akan diperkuat penyerang Jozy Altidore.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Jhon Purba

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Jerman #Amerika Serikat
  • comment
Artikel Terkait
Komentar