tag
Sepakbola
Honduras 0-3 Swiss

Trigol Shaqiri Loloskan Swiss

Kamis, 26 Juni 2014 05:04 WIB
Swiss menang 3-0 atas Honduras dan lolos ke 16 besar berkat trigol Xherdan Shaqiri.
  • Trigol Shaqiri Loloskan Swiss
    FIFA

    Swiss merayakan kemenangan 3-0 atas Honduras, Kamis (26/06/14) dini hari WIB.

  • Trigol Shaqiri Loloskan Swiss
    FIFA
  • Trigol Shaqiri Loloskan Swiss
  • Trigol Shaqiri Loloskan Swiss
Kemenangan menjadi harga mati bagi Swiss saat melawan Honduras di laga pamungkas Grup E Piala Dunia Brasil 2014, Kamis (26/06/14) dini hari WIB. Xherdan Shaqiri menjadi pahlawan Swiss dengan cetak tiga gol ke gawang Honduras.

Swiss yang membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar tampil menyerang sejak peluit babak pertama dibunyikan wasit Nestor Fabian Pitana asal Argentina. Bahkan tim asuhan Ottmar Hitzfeld itu mampu unggul lebih dulu di menit keenam lewat gol Xherdan Shaqiri. Pemain Bayern Muenchen itu dengan tenang menerima umpan Granit Xhaka menjadi gol. Shaqiri dengan cerdik mengontrol bola sebelum berputar dan melepaskan tembakan kaki kiri yang keras dengan ke arah pojok kiri gawang Honduras yang dijaga Noel Valladares.

Tertinggal satu gol, Honduras berusaha memberikan tekanan balik. Tapi, Swiss masih bisa melayani berkat usaha Shaqiri yang berkali-kali menusuk pertahanan Honduras. Shaqiri menggandakan keunggulan Swiss setelah berhasil dengan cepat memanfaatkan umpan matang dari Josip Drmic di menit ke-31, Swiss memimpin dua gol atas Honduras.

Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, Swiss masih unggul dengan skor 2-0. Situasi ini menjadikan peluang Swiss untuk lolos ke babak 16 besar menjadi lebih terbuka. Karena pada saat yang sama Ekuador masih imbang tanpa gol dengan Prancis. .

Honduras melakukan pergantian pemain di babak kedua dengan memasukkan Marvin Chavez untuk menggantikan Roger Espinoza. Pergantian tersebut turut menambah daya gedor Honduras, terbukti di menit ke-52, Honduras hampir memperkecil ketertinggalan andai tendangan Juan Carlos Garcia setelah melewati kiper Swiss tidak digagalkan Ricardo Rodriguez.

Saat Honduras berusaha menipiskan selisih, Swiss justru kembali membuat gol di menit ke-71. Melalui serangan balik, Shaqiri untuk kali ketiga mencetak gol, kali ini usai menerima umpan Drmic. Ini merupakan hat-trick kedua yang terjadi pada Piala Dunia 2014 ini atau yang ke-50 sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia. Usai gol ketiga Shaqiri, tempo permainan menjadi lambat. Shaqiri sendiri akhirnya ditarik keluar dan digantikan Blerim Dzemaili menjelang akhir babak kedua.  

Dengan hasil pada laga terakhir Grup E, Swiss lolos ke 16 besar sebagai peringkat dua dengan raihan enam poin, unggul dua angka dari Ekuador. DI babak 16 besar, Swiss akan melawan Argentina yang berstatus juara Grup F. Sedangkan Prancis akan bertemu Nigeria yang berstatus sebagai runner up Grup F.

 

Data Pertandingan

Honduras 0-3 Swiss

Arena Amazonia, Manaus

Pencetak gol: Xherdan Shaqiri (6, 31, 71) 
Kartu Kuning: Jerry Palacios,   
Wasit: Nestor Fabian Pitana (Argentina)

Susunan Pemain

Honduras: 18-Noel Valladares; 3-Maynor Figueroa, 5-Victor Bernardez, 6-Juan Carlos Garcia, 21-Brayan Beckeles; 8-Wilson Palacios, 14-Boniek Garcia (17-Andy Najar 77), 15-Roger Espinoza, 20-Jorge Claros, 11-Jerry Bengtson, 13-Carlo Costly (9-Jerry Palacios 40)  

Pelatih:Luis Fernando Suarez

Swiss: 1-Diego Benaglio; 2-Stephan Lichtsteiner, 13-Ricardo Rodriguez, 20-Johan Djourou, 22- Fabian Schar; 8-Gokhan Inler, 10-Granit Xhaka (6-Michael Lang 77), 11-Valon Behrami, 18-Admir Mehmedi, 23-Xherdan Shaqiri (15-Blerim Dzemaili 87); 19-Josip Drmic (9-Haris Seferovic 73)

Pelatih: Ottmar Hitzfeld 

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Swiss #Honduras
  • comment
Artikel Terkait
Komentar