tag
Sepakbola
Piala Dunia Brasil 2014

Uruguay Bela Luis Suarez Habis-habisan

Kamis, 26 Juni 2014 12:41 WIB
Seluruh penggawa dan staf pelatih Uruguay membela Luis Suarez sebelum FIFA menjatuhkan sanksi.
  • Uruguay Bela Luis Suarez Habis-habisan
    GETTY IMAGES

    Timnas Uruguay di bangku cadangan Piala Dunia Brasil 2014.

Kamis (26/06/14), seluruh pemain dan staf pelatih Uruguay, bahkan fans, melakukan pembelaan habis-habisan terhadap Luis Suarez. FIFA didesak membuat keputusan terhadap kasus dugaan gigitan Suarez terhadap Giorgio Chiellini, sebelum Uruguay bertanding melawan Kolombia pada laga 16 besar, Sabtu (28/06/14).

"Kami harus membuat keputusan hari ini atau besok (Jumat, 27 Juni 2014). Sudah menjadi tugas kami melihat keadilan ditegakkan," tegas anggota Komite Displin FIFA, Martin Hong, Rabu (25/06/14). 

Pada Rabu sore waktu Brasil, Komite Displin telah mengadakan rapat, demikian dikatakan juru bicara FIFA, Delia Fischer.

Presiden Federasi Sepakbola Uruguay, Wilmar Valdez, mengatakan kepada AP, dengar pendapat soal tindakan indispliner itu akan berlanjut pada Kamis pagi waktu Brasil.

"Sepengetahuan kami, mereka (panel disiplin) melakukan rapat dalam waktu lama. Kami tak tahu apakah situasi itu baik atau buruk," tandas Valdez.

Sehari setelah insiden dengan Chiellini, menurut Valdez, Luis dalam kondisi sempurna. 

"Luis baik-baik saja. Dia telah melalui 1.001 peperangan. Kita tahu Luis seperti apa dan itu sebabnya kami harus membela dia," sebut Valdez yang dilansir situs Tenfield, Rabu. 

Menurut Yahoo Sports, gigitan Suarez itu --tepat sebelum Uruguay mencetak gol penentu kemenangan yang membuat Juara Dunia empat kali, Italia, terdepak-- akan menjadi ujian Presiden FIFA, Sepp Blatter, yang kerap mendengungkan komitmen: fair play, disiplin, dan respek.

Blatter yang juga menyaksikan laga langsunvg pertandingan Uruguay kontra Italia di Natal, berjanji tak akan bertoleransi untuk membersihkan segala sesuatu yang negatif dari permainan sepakbola.

Banyak yang mempertanyakan komitmen itu, ketika pemain seperti Suarez memiliki sejarah buruk yang serupa dengan insiden di Natal kemarin. Suarez sempat mendapatkan sanksi tujuh dan 10 pertandingan karena menggigit pemain lawan di Belanda dan Inggris.

Valdez mengatakan, ofisial Uruguay telah mendapatkan kiriman video insiden itu dari FIFA dan akan merespons tayangan yang mempertontonkan aksi Suarez --pemain Liverpool dan Pemain terbaik Inggris musim lalu-- sebagai korban tindakan agresif para pemain Italia.

"Ketika dia (Suarez) terjatuh, beberapa pemain cadangan (Italia) mencemooh dia ketika masih berada di atas lapangan dna beberapa staf anggota timnas Italia keluar dari bangku cadangan seperti akan memukul dia," papar Valdez. Dia menginginkan FIFA menyelidiki hal tersebut.

Anggota dewan federasi sepakbola Uruguay, Alejandro Balbi --yang juga bertindak sebagai pengacara Suarez-- menyalahkan hasil laporan media-media Eropa.

"Ini terjadi karena berbagai pemberitaan yang dilancarkan media Inggris dan Italia," tegas Balbi kepada radio lokal Uruguay, Sport 890.

"Media Inggris punya catatan buruk tentang Suarez, setiap orang tahu itu. Jelas saja berita buruk akan menjual koran lebih banyak di Inggris, kalau tidak Anda tak akan berada di sini. Uruguay dan Italia bermain kemarin. Pada Sabtu besok Uruguay melawan Kolombia, saya tak tahu mengapa masih ada wartawan Inggris yang bertanya tentang Suarez," sambung pemain La Celeste lainnya, Diego Lugano.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Uruguay #Luis Suarez
  • comment
Artikel Terkait
Komentar