tag
Sepakbola
Sanksi FIFA

Uruguay Tanpa Suarez di Piala Dunia

Kamis, 26 Juni 2014 22:42 WIB
FIFA resmi Menghukum Luis Suarez sembilan pertandingan resmi akibat kasus gigitan.
  • Uruguay Tanpa Suarez di Piala Dunia
    GETTY IMAGES
  • Uruguay Tanpa Suarez di Piala Dunia
    GETTY IMAGES
  • Uruguay Tanpa Suarez di Piala Dunia
  • Uruguay Tanpa Suarez di Piala Dunia
Luis Suarez resmi dihukum FIFA akibat aksi gigitan ke bahu bek Italia, Giorgio Chiellini, dalam pertandingan penyisihan Grup D Piala Dunia Brasil 2014. FIFA larang Suarez tampil di 9 laga resmi, Kamis (26/06/14).

Badan sepakbola dunia, FIFA, akhirnya resmi menjatuhkan hukuman kepada penyerang Uruguay Luis Suarez akibat aksi gigitan kepada bek Italia, Chiellini. Salah satu hukuman yang harus dijalani Suarez adalah skorsing dalam sembilan pertandingan resmi. Selain itu, dia pun mendapat hukuman empat bulan larangan terlibat dengan aktifitas sepakbola, termasuk hadir di stadion.

'Komite Disiplin FIFA telah mencapai keputusan dalam kasus Luis Suarez menyusul insiden yang terjadi dalam pertandingan Piala Dunia 2014 antara Italia dan Uruguay pada 24 Juni 2014. Perilaku seperti itu tidak dapat ditoleransi pada setiap pertandingan sepakbola," kata Claudio Sulser, Ketua Komite Disiplin FIFA, dilansir dari FIFA.com.

Oleh FIFA, lanjut ia, Suarez dianggap telah melanggar Kode Disiplin FIFA, menyangkut pasal penyerangan dan perilaku tidak sportif terhadap pemain lain. Akibat perilakunya itu, Suarez menerima hukuman skorsing selama sembilan pertandingan resmi yang mulai berlaku pada laga Piala Dunia 2014 antara Kolombia dan Uruguay pada 28 Juni 2014.

Sisa skorsing pertandingan akan dijalani pada pertandingan Piala Dunia yang akan dilakoni Uruguay kedepannya, dan pada pertandingan resmi lain.

"Komite Disiplin memperhitungkan semua faktor kasus dan tingkat rasa bersalah Suarez yang sesuai dengan ketentuan yang relevan dengan kode etik. Keputusan ini mulai berlaku segera setelah diumumkan,'" ucap Sulser.  

Suarez juga dilarang ambil bagian dalam setiap jenis kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola untuk waktu empat bulan. Suarez pun dilarang hadir langsung di stadion manapun saat ti Uruguay bermain selama masa skorsing.

Selain larangan skorsing, Suarez juga diwajibkan untuk membayar denda sebesar 100 ribu Franc Swiss atau sekitar Rp135 miliar. Keputusan FIFA tersebut telah diketahui Suarez dan Asosiasi Sepakbola Uruguay pada Kamis (26/6/14).


Penulis : Zaenudin Firdaus
Editor : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Luis Suarez
  • comment
Artikel Terkait
Komentar