tag
Sepakbola
AS 0-1 Jerman

AS Dampingi Jerman Lolos Fase Knock-out

Jumat, 27 Juni 2014 01:15 WIB
Meski kalah 0-1 dari Jerman, Amerika Serikat tetap lolos ke babak 16 besar mewakili Grup G.
  • AS Dampingi Jerman Lolos Fase Knock-out
    FIFA
Jerman memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Amerika Serikat 1-0. Meski kalah, AS mereka tetap lolos karena unggul selisih gol atas Portugal yang pada laga lainnya menang tipis 2-1 atas Ghana, Jumat (27/06/14).

Satu-satunya gol Jerman tercipta pada babak kedua. Thomas Mueller jadi penentu kemenangan mereka lewat gol yang dicetaknya.

Dengan hasil ini, Jerman lolos sebagai juara Grup G dengan tujuh poin dari tiga partai. Sementara itu, AS jadi runner-up dengan empat poin dan tetap lolos mendampingi Jerman.

Pada laga yang dihelat di Arena Pernambuco, Recife, Kamis 26 Juni 2014 malam WIB itu, Jerman langsung tampil menekan dan merepotkan bek-bek AS. Namun, Thomas Mueller cs kerap gagal menembus kokohnya pertahanan lawan.

Pada menit 15, Peluang didapat Der Panzer. Bek kanan Jerman, Jerome Boateng melepaskan umpan terukur ke dalam kotak penalti AS. Namun, sebelum Mueller hendak menyambutnya, bola mampu diantisipasi oleh Omar Gonzalez.

AS pun membalas pada menit 22, lewat Graham Zusi. Berawal dari serangan balik, bola kemudian mengarah pada Zusi di sisi kanan pertahanan Jerman. Namun, tendangan kerasnya masih melambung tipis di atas mistar gawang Manuel Neuer.

Selanjutnya, Der Panzer masih dominan dan beberapa kali berusaha merobek pertahanan AS. Namun, hingga wasit mengakhiri babak pertama, tak ada gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim. Kedudukan sementara pun masih 0-0 di babak pertama.

Memasuki babak ke-2, untuk mempertajam serangan, Jerman memasukkan Miroslav Klose menggantikan Lukas Podolski.

Klose yang punya keunggulan untuk urusan bola-bola atas mendapatkan kesempatan pada menit ke-52. Dia berdiri bebas saat menyambut umpan matang Bastian Schweinsteiger, tapi umpan Schweinsteiger terlalu tinggi sehingga dia tak bisa menjangkaunya dengan sempurna.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-55 setelah Mueller menjebol gawang AS. Berawal dari sundulan Per Mertesacker yang ditepis Howard, Mueller menyambar bola muntah di luar kotak penalti dengan tembakan terarah. Si kulit bundar menembus pojok gawang tanpa bisa dijangkau Howard.

Jerman berpeluang menggandakan keunggulannya saat laga berusia 80 menit. Namun, sepakan Benedikt Hoewedes dihentikan oleh Howard.

Di penghujung laga, AS nyaris menyamakan kedudukan melalui sundulan Clint Dempsey. Tapi, bola masih melayang di atas mistar.

AS 0-1 Jerman

Gol: Thomas Muller (55)

Stadion: Recife, Pernambuco

Wasit: Irmatov

Susunan pemain

Amerika Serikat: Tim Howard, Omar Gonzalez, Matt Besler, Damarcus Beasley, Fabian Johnson, Jermaine Jones, Brad Davis (Alejandro Bedoya 59'), Graham Zusi (DeAndre Yedlin 84'), Kyle Beckerman, Michael Bradley, Clint Dempsey (c)

Jerman: Manuel Neuer, Benedict Howedes, Mats Hummels, Per Mertesacker, Jerome Boateng, Bastian Schweinsteiger (Mario Goetze 76'), Philipp Lahm (c), Toni Kroos, Mesut Oezil (Andre Schürrle 89'), Lukas Podolski (Miroslav Klose 46')

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Brasil 2014
Penulis : Irfan Fikri

Tag Terkait

#Piala Dunia Brasil 2014 #Jerman #Amerika Serikat
  • comment
Artikel Terkait
Komentar